Angkak Meningkatkan Kadar Trombosit

Angkak Meningkatkan Kadar Trombosit – Jumlah trombosit adalah salah satu parameter laboratoris yang sering dipakai dalam mendiagnosis penyakit DBD dan telah dikenal luas oleh masyarakat. Ketika seseorang menderita penyakit DBD, jumlah trombositnya menurun hingga <100.000/mm³. Untuk itu, beragam cara sering kali ditempuh untuk menaikkan jumlah trombosit penderita DBD hingga mendekati nilai normal, yaitu antara 150.000-45.000/mm³ untuk orang dewasa sehat. Salah satunya yang sekarang kian populer adalah dengan mengonsumsi angkak.

Angkak

Gambar: Angkak

Angkak adalah produk fermentasi beras merah menggunakan kapang Manascus sp. berasal dari Cina. Pembuatan angkak kali pertama dilakukan oleh Dinasti Ming yang berkuasa pada abad ke-14 hingga abad ke-17. Dalam teks tradisional The Ancient Chinese Pharmacopoeia disebutkan bahwa angkak pada mulanya digunakan sebagai obat untuk melancarkan pencernaan dan sirkulasi darah. Beberapa spesies kapang telah digunakan untuk memproduksi angkak, di antaranya Monascus purpureus, M. pilosus, dan M. anka.

Bagaimana cara angkak meningkatkan kadar trombosit penderita penyakit DBD?
Beberapa penelitian menyampaikan bahwa terdapat zat aktif berkhasiat obat yang disebut Lovastatin di dalam angkak. Zat inilah yang berperan meningkatkan jumlah trombosit. Lovastatin telah lama dikenal sebagai agen penurun kadar kolesterol jahat Low Density Lipoprotein (LDL) di dalam darah, dengan cara mengoksidasinya. Proses oksidasi inilah yang diduga merangsang regenerasi dan pengumpulan sel-sel monosit dan megakariosit (produsen trombosit di dalam darah), untuk bermigrasi ke ruang endotelium dan berubah, masing-masing menjadi sel makrofag dan trombosit aktif. Jadi, dengan mengonsumsi angkak diharapkan akan meningkatkan jumlah trombosit penderita penyakit DBD.

Tagged as: obat menaikan kadar trombosit .

One comment on “Angkak Meningkatkan Kadar Trombosit

  1. ega January 25, 2014 3:40 am

    belum pernah mencoba,tapi terima kasih tipsnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.


× eight = 16

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>