Cara buat email

Cara buat email – Bukan hal biasa lagi tentang email, email merupakan layanan surat elektronik (elektronik mail) melalui jejaring internet dengan gratis. Biasanya jika kita mengirim surat lewat pos kan berbayar, sedangkan jika lewat email itu gratis. Untuk isi email sendiri kita dapat mengisinya berbentuk tulisan atau media (foto, video, software dll). Selain cara mengunakannya mudah atau praktis, email juga termasuk efisien dan cepat. Surat elektronik (email) sudah ada sejak tahun 1960an saat itu belum ada internet, lalu pakai apa? Yang dipakai adalah kumpulan ‘mainframe’ yang terbentuk sebagai jaringan.

Namun seiring berkembangnya zaman sampai saat ini email sudah dilengkapi fasilitas chat untuk mempermudah berkomunikasi dengan teman. Selain itu email juga berguna saat kita mendaftar dalam sebuah jejaring internet terkadang kita disuruh melengkapi alamat emailnya. Hal tersebut di tujukan agar dari pihak yang anda daftar dapat mengirim surat kepada anda. Hampir setiap orang memiliki alamat email untuk mempermudah mengirim surat. Nah untuk kali ini kami akan membahas bagaimana cara membuat email tersebut, namun kami akan membahas cara membuat email dari yahoo.

Yahoo
Awlanya yahoo merupakan mesin pencari seperti halnya google, yahoo juga memberi fasilitas layanan email untuk umum. Untuk awalnya sebaiknya anda membuka alamat ke id.yahoo.com (untuk wilayah indonesia). Nah jika sudah terbuka klik tulisan ‘Buat Account’ yang terdapat di bawah SIGN IN. Untuk tampilannya akan seperti ini.

Nah jika anda sudah mengakses buat account nanti anda akan di tujukan ke pengisian data diri anda pada kolom-kolom yang tersedia. Untuk data diri pertama yaitu nama lengkap, jenis kelamin, tanggal lahir dan negara tinggal. Isi semua data tersebut sesuai data diri anda, untuk tampilannya seperti ini.

Jika kolom data diri/yang diatas sudah anda isi semua selanjutnya mengisi bagian pilihan ID dan kata sandi. Untuk yang satu ini tidak terpatok pada data diri anda, namun anda bis mengisinya sesuka anda. Untuk yang pertama alamat email, isi bagian tersebut dengan nama sesuka anda (ini untuk alamat email anda nantinya) lalu klik ‘periksa’ di bagian sampingnya. Jika keluar tulisan merah ‘ID ini tidak tersedia’ tandanya alamat tersebut sudah digunakan orang lain, namun di bawahnya akan muncul solusi untuk nama alamat anda dan klik salah satunya. Selanjutnya anda disuruh mengisi kata sandi anda, upayakan kata sandi tersebut mudah di ingat namun jangan sampai orang lain tahu. Lalu isikan kata sandi lagi di bawahnya hingga benar-benar cocok (sama).

Untuk kolom yang selanjutnya yaitu pengisian pertanyan rahasia agar jika kata sandi di atas lupa maka anda dpat masuk email anda melalui pertanyaan rahasia ini. Anda bisa mengisinya sesuka anda namun 2 pertanyaan rahasia tersebut harus diisi, sebaiknya diisi yang mudah diingat saja.

Yang terakhir yaitu pengisian kode kata/captcha yang akan muncul di bagian kolom tersebut. Ketikkan kode di ‘Ketik kode yang ditampilkan’ maksudnya ketikkan kode kata yang muncul di atasnya tersebut. Jika susah untuk di baca sebaiknya klik ‘coba kode baru’ nanti akan muncul kode baru. Kalau sudah terisi semua lalu klik ‘buat account saya’, nah jika sudah terbuka lalu klik tulisan ‘lanjutkan’.

Jika anda sudah klik lanjutkan maka tampilannya akan seperti dibawah ini, anda tinggal klik ‘lanjutkan’ lagi untuk masuk ke akun anda. Sebaiknya data dari pengisian yang di atas ditulis dan disimpan untuk mengantisipasi jika terjadi masalah. Sebab untuk masuk akun email anda harus menggunakan alamat email dan kata sandi.

Agar mempermudah anda dalam menggunakan layanan email ini kami akan berikan beberapa cara dan fungsi yang ada. Untuk cara kelur atau menutup akun email anda klik tombol ‘sign out’ yang berada di atas, penampakannya seperti ini:

Jika untuk masuk ke akun email anda, seperti awal yaitu masuk dulu ke id.yahoo.com jika sudah terbuka, tulis alamat email anda di ‘ID yahoo’ dan ketik pula di bawahnya kata sandinya di ‘kata sandi’, jika sudah terisi kedua-duanya tinggal klik ‘sign in’. Untuk gambarnya seperti ini:

Anda sudah mempelajari bagaimana keluar dan masuk akun dengan baik agar akun email anda tidak di hack orang lain. Sekarang mempelajari cara penggunaannya, untuk langkah awal jika anda sudah masuk ke akun nanti akan di beri pilihan seperti dibawah ini. Untuk pilihan ‘apa yang baru’ itu adalah layanan dari yahoo yang baru, untuk ‘email masuk’ itu untuk pesan yang masuk, untuk ‘kontak’ itu daftar kontak anda sedangkan ‘update’ merupakan layanan yang dapat anda gunakan untuk update status dari twitter, facebook dan YM (yahoo messenger).

Jika anda klik ‘tulis pesan’ maka akan muncul tiga opsi meliputi email, pesan instan dan sms. Semua layanan tersebut dapat anda gunakan secara gratis.

Untuk opsi ‘email’ nanti penampakannya seperti dibawah ini, jika anda bingung menggunakannya kami akan berikan penjelasannya. Untuk email yang akan dituju sebaiknya ketik alamat di ‘kepada’, sedangkan judul tulis judulnya pada kolom ‘judul’ sedangkan untuk isi surat dapat anda isi di bawah.

Untuk opsi ‘pesan instan’ anda dapat menggunakan layanan ini untuk pesan singkat seperti sms kepada teman anda, namun anda harus mengisi alamat email yang dituju dulu baru dapat melanjutkannya. Untuk penampakannya seperti ini :

Sedangkan untuk opsi ‘SMS’ dapat anda gunakan untuk mengirim sms ke nomor telefon yang dituju dan termasuk gratis juga. Sebelumnya anda akan disuruh mengetik nomor yang anda tuju baru anda dapat mengirim pesan SMS tersebut.

9 comments on “Cara buat email

  1. andre November 19, 2011 9:47 am

    ijin copy…

  2. richie November 19, 2011 12:27 pm

    kita harus membuka www apa / web apa untuk mendaftarnya

  3. admin November 20, 2011 7:00 am

    richie : untuk membukanya silahkan buka id.yahoo.com seperti kami jelaskan di atas…terimakasih atas kunjungannya…

  4. bantlan November 22, 2011 10:46 am

    hiiiiiiii …….

  5. bantlan November 22, 2011 10:47 am

    hii.. Nice Post

    For latest stills videos visit ..>

    ChiCha.in

    ChiCha.in

    ChiCha.in

  6. hazli cricket December 5, 2011 11:32 pm

    santai bro

  7. Ana maryana December 13, 2011 7:30 pm

    Gimana cara nya buat mail

  8. Lidya January 30, 2012 1:27 pm

    Morgan I HEART YOU !

  9. kanprt setiawan February 19, 2012 4:39 am

    cara termuda buat email bagi pemula?

Leave a Reply

Your email address will not be published.


nine − = 4

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>