donat

Cara membuat donat

Cara membuat donat – Makanan yang satu ini pasti sudah tidak asing di lidah anda karena kelezatannya yang tidak kalah jauh dengan roti yang lainnya. Banyak orang mengatakan cara membuat roti donat tidaklah sulit atau bisa disebut tahapan awal untuk para pembuat roti. Walaupun disebut begitu namun untuk roti donat sampai saat ini sudah banyak fariasinya. Nah bagi anda yang dalam pembelajaran sebaiknya simak cara-cara berikut untuk membuat roti donat.

Sebelum membuat roti donat sebaiknya persiapkan beberapa bahan yang akan digunakan untuk pembuatan roti donat. Untuk bahannya sebagai berikut :

- 500 gram tepung terigu
- 125 gram gula halus
- 125 gram mentega
- 1/2 sdm fermipan
- 1/2 sdm baking powder
- 1/2 sdt garam
- 1 gelas susu
- 2 butir kuning telur

Nah jika anda sudah menyiapkan semua bahan tersebut, namun bahan tersebut hanya untuk pemula agar nanti jika gagal anda tidak membuang banyak bahan. Akan tetapi jika anda sudah mahir dalam membuat roti anda bisa melipatkan banyaknya bahan-bahan di atas. Dan perlu di ingat bahwa cara yang kami berikan merupakan dasar dan belum di kasih tambahan lainnya. Untuk tambahannya nanti di akhir pembuatan anda bisa menambahkan coklat, keju atau yang lainnya.

Cara membuat :
- Campurkan tepung terigu dengan garam, fermipan dan baking powder aduk rata sampai benar-benar tercampur semua lalu buatlah adonan tersebut berbentuk seperti waduk (dibuat lubang tengahnya) hal tersebut digunakan untuk menampung adonan selanjutnya.
- Jika adonan di atas sudah selanjutnya anda buat adonan lagi dari mencampurkan gula halus dengan kuning telur kocok hingga berbusa. Jika sudah siap masukkan adonan telur ini ke dapam adonan tepung terigu tadi yang sudah di beri lubang untuk menampung adonan telur.
- Jika sudah aduk adonan tersebut pelan-pelan sambil di beri sedikit demi sedikit mentega cair dan susu aduk terus hingga benar-benar tercampur merata semua.
- Kalau sudah tercampur uleni adonan tersebut hingga kalis.
- Banting-banting adonan yang sudah siap beberapa kali lalu diamkan dengan menutupnya pakai kain basah sekitar 30 menit agar adonan mengembang.
- Jika adonan sudah mengembang bentuk adonan tersebut bulat dan berlubang tengahnya namun jangan besar-besar buatlah beberapa donat dari adonan tersebut lalu diamkan lagi agar mengembang.
- Untuk bagian akhir jika adonan sudah setengah jadi selanjutnya menggorengnya di wajan yang penuh minyak goreng (seperti saat menggoreng krupuk) hingga berwarna kecoklatan atau tandanya sudah matang.

Tagged as: cara bikin donat . cara buat donat . pembuatan donat . cara membuat donat .

31 comments on “Cara membuat donat

  1. bantlan November 22, 2011 10:49 am

    hii.. Nice Post

    For latest stills videos visit ..>

    ChiCha.in

    ChiCha.in

    ChiCha.in

  2. nn December 2, 2011 9:47 am

    berapa lama total pembuatannya?

  3. Sri Hayati December 3, 2011 6:23 am

    saya sangat suka dengan donat. akhir-akhir ini saya telah belajar membuatnya dan alhamdulillah ya, saya sudah agak jago membuatnya.

  4. naimah rodiah December 10, 2011 11:56 am

    oh donat i like it

  5. indrayani January 10, 2012 12:42 pm

    mkcih resepnya,ntar d cbain deh buat klrga

  6. dwi February 5, 2012 4:41 am

    da langsung beli bahannya… gak sabar mau buat…

  7. lita February 7, 2012 1:42 pm

    buat di coba tes di sekolah!

  8. Listy February 9, 2012 10:34 am

    Makasih yaw resepnya, aq pengen dengan d0nat ini aq bisa membuat usaha pembuatan d0nat

  9. aini February 10, 2012 4:54 am

    makasih resepnya kayanya menarik dan lezat ,aq mau coba ya

  10. vina femiliana February 19, 2012 5:30 am

    pgn nyobain bkn akh

  11. queen payjem February 19, 2012 1:55 pm

    kayaknya enak tuch
    mksh ya postinganya,sy akan coba

  12. vina February 28, 2012 2:08 pm

    siiip, buat praktek anak2 TK besok… smoga berhasil…

  13. isma nurafifah March 6, 2012 10:13 am

    makasih resepnya :)
    buat praktek disekolah !!!

  14. defika March 6, 2012 11:35 am

    ak mau c0ba bikin buat suami ach’

  15. resep masakan March 6, 2012 12:51 pm

    makasih resepnya

  16. Julaeha Ghazali March 7, 2012 12:00 am

    InsyaalLah aku akn memncoba…
    Special untuk suami tercinta…

  17. pita March 7, 2012 11:19 am

    oc nti d cba dech !!

  18. hafid March 14, 2012 1:38 pm

    enak kah hihihi

  19. eeq March 17, 2012 4:55 am

    enak sekali dap ? jajal sikik

  20. hermawati malik March 22, 2012 6:57 am

    dulu pernah bikin tp air susuny kbnykn hslny jg agak lembik, thanks infony..smg abs ini g ggl lg..:)

  21. TRI BERNA March 26, 2012 12:30 pm

    AQ SUKA BUAT DONAT…alhamdulillah dpt pujian…tp aq kurang puas dgn kelembutannya…syukur deh ada resep on line..tq

  22. Qhykie March 26, 2012 12:31 pm

    Terima kasih ,,
    Insya Allah mau coba dan bikin buat orang” tercinta ,,
    :*

  23. nanda March 31, 2012 1:10 pm

    smoga ajja aq bisssa buatnya

  24. uli March 31, 2012 5:05 pm

    pengen nyoba bikin,anakku suka banget,jd ga usah belii,hehe….

  25. Dewi April 2, 2012 2:03 am

    Mksh resepnya.. Smga aku gak gagal lagi ya..

  26. pranwestaras April 5, 2012 12:15 am

    trimakasih entar gue coba

  27. Nina May 10, 2012 7:46 am

    Makasih resepnya……., semoga ku bisa bikin donat yang enak and lembut. Harapanku suatu saat bisa buka usaha donat di kotaku. Amiin…..!

  28. vya manyz May 26, 2012 1:27 pm

    bzok langsung coba;-)

  29. amel July 28, 2012 2:17 pm

    makasih y

  30. eka September 26, 2012 7:37 am

    pngn bkin tp suami g suka donat. .t

  31. ratmiatin November 8, 2012 3:53 pm

    fungsi baking powder dalam donat itu apa? Bukankah sudah ada fermipan? Kok pakai baking powder lagi?? Tolong di jawab

Leave a Reply

Your email address will not be published.


seven + 8 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>