Cara mendidik anak

Cara mendidik anak – Anak merupakan anugrah bagi pasangan suami istri, jadi jangan sia-siakan waktu anda untuk pekerjaan selalu. Usahakan luangkan waktu untuk si buah hati anda tersebut, sebab ingat banyak orang di luar sana yang berjuang menginginkan sebuah anak. Untuk itu disini kami akan berikan beberapa tips agar anak anda mendapatkan kasih sayang yang menjadi haknya dan pendidikan yang menjamin masa depannya.

- Komunikasi
Agar anak anda mematuhi orang tuanya sebaiknya selalu komunikasi dengan anak anda. Sebab komunikasi tersebut sangat penting bagi mental si anak. Mulailah dengan berbagai cara supaya komunikasi dengan anak anda selalu ada. Seperti mengajaknya bercanda tawa atau lain sebagainya. Jangan lupa juga ada saatnya berbicara serius kepada si anak, pembicaraan tersebut akan membantu kejujuran anak anda.

- Mandiri
Ajarkan anak anda akan pekerjaan yang harus ia lakukan, seperti mencuci membersihkan tempat tidur atau lain sebagainya. Untuk awalnya memang sulit agar si anak mau mengerjakannya, tapi sebaiknya jangan seperti menyuruh melainkan ajaklah si anak bersama anda untuk membersihkan tempat tidur. Dengan cara tersebut anak anda tidak menganggap seperti tertekan akan pekerjaannya. Selain itu anak anda akan terbiasa dengan pekerjaannya tersebut. Kemandirian tersebut akan membantu si anak agar mengerti akan kehidupan dan tidak menopangkan pekerjaan yang harus dilakukannya kepada orang lain.

- Kepercayaan
Salah satu bagian yang sering di abaikan orang tua adalah kepercayaan kepada si anak. Walaupun terkadang apa yang dilakukan si anak salah namun jika anda selalu percaya kepadanya lama kelamaan ia akan sadar bahwa apa yang di lakukannya itu salah. Namun anda juga harus memberi tahu sejak kecil mana yang benar dan mana yang salah. Jika memang anak anda melakukan kesalahan yang besar sebaiknya jangan sampai memukulnya, sebab hal tersebut tidak baik bagi anak anda. Cara yang tepat yaitu bersikaplah diam pada si anak, sikap tersebut akan membantu agar si anak tahu apa yang dilakukannya itu salah.

- Pendidikan
Walaupun anak anda sudah mendapatkan hak pendidikannya di sekolahan namun anda juga jangan tidak memberikan pendidikan dirumah juga. Sebab pendidikan di sekolah kan kebanyakan pendidikan ilmu pengetahuan sedangkan pendidikan sosial terkadang ia cuma berdasarkan teori saja. Nah sebab itu berikan juga pendidikan sosial di rumah seperti bersikap ramah, memberi kepada sesama, jika ada masalah bareikan solusi bukan dengan kekerasan dan lain sebagainya. Pendidikan pendidikan tersebut sangat penting bagi masa depan anak anda agar dapat bersosialisasi dengan baik di warga sekitar atau lainnya.

- Ketrampilan
Bagitu banyak orang tua yang jarang mendukung ketrampilan si anak. Walaupun hal ini bukan pendidikan ilmu pengetahuan atau sosial namun dengan anda menunjukkan dukungan anda akan ketrampilan yang dimiliki si anak akan berpotensi untuk masa depannya. Seperti ketrampilan melukis, bermain musik, di bidang olah raga, memasak, otomotif atau yang lainnya. Jangan pernah sekali-sekali menyuruhnya dalam bidang yang ia tidak sukai, sebab jika ia menyukai bidang yang ia sukai selain senang saat mengerjakannya ia juga akan tekun dan berpotensi besar untuk meraih cita-citanya.

Tagged as: cara mendidik anak .

3 comments on “Cara mendidik anak

  1. Puspitha Anggraini November 16, 2011 10:49 am

    Aq menyukai rubrik nie,krn aq sendiri mempunyai seorang putri,yg masih berumur 4 thn.dan aq mengajari kemandirian,kedisiplinan,tp alhamdulillah sikecil mudah diatasi

  2. herawati November 19, 2011 3:25 am

    saya termasuk orang yang keras dalam mendidik anak, anak saya baru berumur empat tahun. tapi saya sudah bersikeras untuk ini dan itu. selain itu anak saya bandelnya minta ampun. apapun yang diminta harus dipenuhi, keras, mau menang sendiri, otomatis sayanya ikut marah, emosi. pokoknya saya kewalahan bagaimana caranya?

  3. elisya December 17, 2011 1:23 pm

    tips ini sangat bermanfaat n berguna skali, untuk menghadapi anak. krn anak sekarang tdk sama dg anak jaman dahulu. anak-anak dulu patuh n taat. ngkin jaman skrg dah banyak pengaruh luar maka perlu skali kehati-hatian didlm mendidik anak..

Leave a Reply

Your email address will not be published.


+ 8 = ten

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>