Ciri-ciri dan sifat virus

Ciri-ciri dan sifat virus – Virus (L., venom = cairan yang beracun) merupakan makhluk subrenik yang paling sederhana. Banyak penyakit pada tumbuhan, hewan, dan manusia yang disebabkan oleh virus. Ukuran virus sangat kecil sehingga untuk melihatnyaa digunakan mikrosskop elektron yang mampu melihat saampaai satuan milimikron (mμ). Satu mikron (μ) = 0,001 mm dan 1 mμ = 0,001 μ. Berarti, 1 mμ = 1 x 10 -6 mm. Misalnya, virus polio yang berukuran kira-kira 25 mμ.

Struktur tubuh virus

Pada umumnya, struktur tubuh virus tersusun dari asam nukleat dan kapsin. Asam nukleat terdiri atas deoxyribonucleic acid atau asam deoksiribonukleat (DNA) dan ribonucleic acid atau asam ribonukleat (RNA). Adanya asam nukleat inilah yang menjadi ciri bahwa virus dikategorikan makhluk hidup. Kapsid merupakan selubung protein yang membungkus asam nukleat. Kapsid tersusun dari beribu-ribu molekul protein yang disebut kapsomer. Kapsomer mempunyai bentuk bermacam-macam dan menentukan bentuk luar virus.

Kapsid bersama asam nukleat yang dibungkusnya disebut nukleokapsid. Pada virus tertentu, nukleokapssid dibungkus laagi oleh selubung tambahan yang mengandung protein, glikoprotein, dan lipida.

Bentuk dan macam virus

Berdasarkaan struktur kapsomernya, virus mempunyai bentuk bulat, oval, memanjang seperti jarum, silinder, dan seperti huruf T. Virus rabies berbentuk peluru, virus caacar berbentuk batu bata, serta virus influenza dan virus polio berbentuk bulat.

Macam-macam virus menurut jenisnya dibedakan atas :
- Virus pemakan baakteri (bakteriofag),
- Virus hewan (mengandung DNA dan RNA),
- Virus tumbuhan (hanya mengandung RNA).

Sifat virus

Mengapa viruss dikatakan transisi antara benda mati daan makhluk hidup? Seperti halnya benda mati yang lain (misalnya kristal gula), virus pun dapat dikristalkan. Akan tetapi, jika virus berada di dalam tubuh organisme maka virus mempu menduplikasi diri atau bertambah banyak, seperti halnya makhluk hidup lain yang mampu melakukan perkembangbiakan. Banyak virus dipiara manusia dalam substrat, seperti telur yaang mengandung embrio dan jaringan tubuh hewan maupun tumbuhan.

Reproduksi virus

Reproduksi virus terjadi pada tubuh inangnya. Virus yang telah berhasil diamati perkembangbiakannya adalah virus yang hidup di dalam tubuh baakteri Escherichia coli, disebut bakteriofag. Reproduksi bakteriofag terjadi dengan jalan penggandaan (replikasi) dari DNA atau RNA. Proses replikasi sejak awal sampai akhir dinamakan daur litik.

Untuk lebih memahami reproduksi virus, misalnya bakteriofag :

  • Reproduksi bakteriofag dimulai dari penempelan bagaian ekor virus pada dinding sel bakteri.
  • Virus mengeluarkan enzim yang mampu menghancurkan dinding sel bakteri. DNA virus diijneksikan masuk ke dalam tubuh bakteri melalui lubang yang dibuatnya. Kejadian itu disebut adsorpsi.
  • Peristiwa selanjutnya berada di dalam tubuh bakteri. DNA virus menggantikan fungsi DNA bakteri yang merupakan kegiatan penetrasi pada sel inang.
  • DNA dalam tubuh bakteri menduplikasi diri mambentuk DNA virus baru, peristiwa itu dinamakan eklepase.
  • Setelah terbentuk DNA virus baru, DNA tersebut akan menyusun dinding kapsid untuk membentuk virus baru. Akhirnya, pecahlah sel inang dan keluarlah virus-virus yang baru (virion).

Selain yang dijelaskan di atas, ada pula DNA dari bakteriofag yang masuk ke dalam sel bakteri tanpa membentuk virion. Hal itu karena bakteri-bakteri mampunyai daya tahan sehingga virus tidak menjadi mematikan. DNA virus yang menempel pada DNA bakteri akan membentuk gen asing yang disebut profage. Jika bakteri yang mengndung profage berkembang biak maka akan dihasilkan bakteri-bakteri yang mengandung profage pula. Fase pembiakan semacam itu disebut daur lisogenik. Seaindaainya imunitas bakteri hilang maka profage akan menjadi virulen dan berlanjut dengan daur litik lagi.

Tagged as: ciri-ciri virus . ciri-ciri dan sifat virus . ciri dan sifat virus . sifat-sifat virus .

2 comments on “Ciri-ciri dan sifat virus

  1. imansyah September 24, 2012 8:42 am

    minta copian ciri-ciri dan sifat virus

  2. Benny Saragih October 25, 2013 9:34 am

    Thanks atas informasi nya…

Leave a Reply

Your email address will not be published.


× nine = 81

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>