Contoh pertanyaan wawancara kerja

Contoh pertanyaan wawancara kerja – Mungkin bagi anda yang pemula masih bingung dengan wawancara kerja itu apa sih? Sebetulnya wawancara kerja merupakan bagian tes yang di ambil dari perusahaan untuk merekrut kandidat yang baik. Dan biasanya wawancara kerja juga merupakan bagian terpenting dalam hal diterimanya atau tidak. Mungkin contoh wawancara dibawah ini dapat membantu anda dalam menghadapi wawancara kerja nantinya.

Menjawab pertanyaan tentang diri anda

Keterangan : A = Penginterview, B = Anda
A : Nama anda adalah Amanda Hardiani. Anda bisa dipanggil apa?
B : Anda bisa menggil saya Manda
A : Bisakah anda menggambarkan diri anda kepada saya?
B : Baik Pak. Saya lahir di Jakarta, pada tanggal 1 April 1973, anak kedua dari empat bersaudara. Ayah saya bekerja sebagai seorang staf di Departemen keuangan dan ibu saya mempunyai usaha sendiri. Ibu mempunyai sebuah toko batik di ITC Cempaka Mas. Adik perempuan saya, anak nomor tiga bekerja sebagai tenaga pengajar di sebuah sekolah di Bintaro dan adik laki-laki saya masih sekolah kelas lima SD.
A : Jelaskan kepada saya tentang kelebihan dan kekurangan anda.
B : Saya bisa bekerja dalam tim, bisa bekerja di bawah tekanan dan selalu datang tepat waktu. Saya bisa berkomunikasi dalam bahasa inggris dengan lancar baik secara lisan maupun tertulis. Saya juga suka membantu dan bisa diandalkan. Namun saya cenderung pendiam dan sering grogi di sebuah lingkungan kerja yang baru.
A : Bagaimana cara anda mengatasi rasa gelisah itu?
B : Dalam sebuah lingkungan kerja yang baru saya berusaha untuk ramah kepada semua orang dan mencoba mengenal rekan-rekan kerja, khususnya yang bekerja dalam tim yang sama.

Menjawab pertanyaan tentang pendidikan

A : Jelaskan latar belakang pendidikan anda!
B : Saya belajar dari TK sampai SMA di Cibubur sebelum orang tua saya pindah ke Bintaro, kemudian melanjutkan kuliah di Universitas Terbaik. Saya mengambil jurusan manajemen di Fakultas Ekonomi. Saya lulus kuliah pada tahun 2007.
A : Apakah anda pernah mengikuti kegiatan mahasiswa selama kuliah?
B : Ya Pak, saya bergabung dengan Paduan suara kampus, karena saya suka menyanyi dan juga Unit aktivitas Bola Basket.
A : Apakah anda pernah mempunyai prestasi gemilang selama anda kuliah?
B : Pernah Pak, saya pernah mendapatkan beasiswa dari semester tiga sampai lulus, kemudian saya pernah mewakili kampus saya dalam lomba menyanyi solo antar kampus se-Jakarta Selatan dan meraih juara pertama. Selain itu saya juga ketua umum di Unit Aktivitas Bola Basket selama dua tahun berturut-turut.
A : Apakah anda pernah terlibat dalam unjuk rasa kampus yang melibatkan kekerasan?
B : Tidak pernah terlibat aktivitas itu Pak.

Menjawab pertanyaan jika diterima di perusahaan

A : Jika anda diterima untuk menempati posisi ini, apa yang akan anda lakukan?
B : Saya akan berusaha mengerjakan tugas saya sebaik mungkin sesuai dengan job description, membuat rencana jangaka pendek yang mempunyai efek jangka panjang, seperti membuat strategi marketing dan memastikan agar strategi tersebut bisa berjalan dengan baik.
A : Jika anda harus bekerja berdasarkan tenggat waktu dan ternyata yang anda rencanakan tidak sesuai dengan jadwal yang ada apa yang anda lakukan?
B : Saya akan melihat dulu permasalahannya. Misalnya keterlambatan penayangan iklan. Jika permasalahan ada pada agensi yang terlambat mengirim materi kepada media, misalnya koran, saya akan meminta agensi untuk memberikan kompensasi. Kompensasi bisa berupa diskon atau hal lain berdasarkan kesepakatan. Untuk masalah penayangan iklannya, mau tidak mau harus terbit terlambat. Dan saya akan meminta kepastian kepada agensi terkait agar pada masa yang akan datang, masalah seperti ini tidak terjadi lagi.
A : Berapa gaji yang anda minta?
B : Saya berharap mendapatkan Rp 2.500.000.
A : Bisakah anda jelaskan dari mana anda mendapatkan angka tersebut?
B : Saya melihat dipasaran, standar gaji untuk posisi yang saya lamar adalah Rp 2.200.000. Saya hanya menambahkan kenaikan sekitar 10%.
A : Mengapa anda menginginkan kenaikan dari gaji standar?
B : Karena sekarang ini biaya yang termahal adalah angkutan umum. Jadi saya mengalokasikan tembahannya untuk biaya transportasi Pak.

Tagged as: contoh wawancara pendidikan .

2 comments on “Contoh pertanyaan wawancara kerja

  1. odik January 25, 2012 2:03 am

    …..kalau belum tahu tentanng jumlah nominal yang diajukan…..mohon dijelaskan

  2. nurul May 15, 2012 7:10 am

    thank’s ini bntu tgz w bgt

Leave a Reply

Your email address will not be published.


× 7 = sixty three

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>