Doa Minta Keturunan

Doa Minta Keturunan – Anak adalah dambaan setiap insan, tanpa anak akan hampalah kehidupan rumah tangga. Apalah artinya harta benda, rumah mewah, apabile sunyi dan sepi dari tangis dan tawa riang anak-anak. Kedudukan anak sangat penting karena sebagi pelanjut keturunan. Orang yang tak mempunyai anak seakan-akan tak pernah hidup di dunia. Tak jarang keluh kesah terungkap dari saudara muslimah kita yang tengah diuji oleh Allah dengan ketiadaan keturunan dalam keluarganya.

Anak adalah suatu karunia, suatu ni’mat dari Allah Ta’ala. Tapi janganlah sampai berputus asa dari rahmat Allah. Bermohon dan berikhtiarlah selalu pada-Nya! Karena bisa jadi ini adalah ujian bagi kita. Ingatlah kisah Nabi Zakaria. Di usia yang semakin menua, dan dikala harapan memenuhi ‘arsy, tapi doanya tiada pernah surut dilantunkan. Apalagi melihat Maryam, keponakannya, yang sejak kecil diasuhnya tumbuh menjadi anak yang taat beribadah dan pandai menjaga diri, semakin membuncahlah hasratnya untuk memiliki keturunan. Ditiap waktu tak pernah lekang dari munajatnya:

RABBI LAA TADZARNII FARDAN, WA ANTA KHOIRUL WAARITSIIN
Artinya: “Ya Allah Ya Tuhanku janganlah Engkau biarkan aku sendirian dan Engkau sebaik-baik pemberi warisan.”

RABBI HABLII MINLADUNKA DZURRIYYATTAN THAYYIBAH, INNAKA SAMII’UD DU’A
Artinya: “Ya Allah Ya Tuhanku biarlah padaku dari sisimu keturunan yang baik sesungguhnya Engkaulah Maha mendengarkan segala permohonan.”

RABBI INNII WAHANAL ‘AZHMU MINNII, WASYTA’ALAR RA’SU SYAIBAN. WALAM AKUN BIDU’AA-IKA RABBI SYAQIYYAA
Artinya: “Ya Allah Ya Tuhanku, sesungguhnya telah lemah tulang belakangku dan telah berubah rambutku, dan janganlah pula aku dengan doaku ini menjadi celaka.”

Dengan kesabaran dan ketawakalan Nabi Zakaria as., akhirnya Allah pun menjawab doanya melalui Jibril. Nabi Zakaria mendapatkan petunjuk melalui Jibril bahwa Allah telah menjawab doa Nabi Zakaria dengan menganugerahinya seorang anak laki-laki. Untuk meyakinkannnya, maka Allah memberi petunjuk dan tanda-tanda pada Nabi Zakaria, yakni Nabi Zakaria tidak dapat berbicara dengan orang lain selama tiga hari kecuali hanya dengan menggunakan bahasa isyarat. Akhirnya istri Nabi Zakaria hamil, dan kemudian lahirlah bayi laki-laki yang diberikannya nama Yahya, yang juga termasuk salah satu Nabi pilihan Allah.

Satu lagi Nabi pilihan Allah yang diuji kesabarannya atas menanti kehadiran keturunan yakni, Nabi Ibrahim as. Dalam usianya yang sangat tua, Nabi Ibrahim senantiasa memohon pada Allah untuk mendapatkan keturunan. Doa yang dibaca Nabi Ibrahim adalah sebagaimana berikut:

RABBI ABLII MINASH SHALIHIIIN
Artinya: “Ya Allah berilah saya anak yang shaleh.”

Tak berapa lama kemudian Allah pun mengabulkan permohonannya. Hingga lahirlah Ishak dan Ismail, yang keduanya juga termasuk Nabi pilihan Allah.

Tagged as: Rabbii laa tadzarnii . rabbi laa tadzarnii . doa minta keturunan anak . Rabbii laa tadzarnii artinya .

2 comments on “Doa Minta Keturunan

  1. Fenke September 5, 2012 6:21 am

    Hello just thought i’d let you know some thing.. This can be twice now i?ve ladend on your weblog within the last 3 weeks looking for completely unrelated things. Good Data! Keep up the good perform.

  2. puisi December 3, 2012 7:31 am

    Makasih do’a-do’anya.. Kalo bisa dikasih tulisan arabnya dong :D..

Leave a Reply

Your email address will not be published.


9 × = sixty three

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>