Elemen komputer

Elemen sistem komputer

Elemen sistem komputer merupakan sistem yang terdapat dalam sebuah sitem komputer untuk mengoprasikan komputer agar berfungsi sebagaimana mestinya. Dalam sistem komputer kita akan mengenal tiga macam yaitu Hardware, Software, dan Brainware. Dimana ketiga macam tersebut saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan karena mempunyai fungsi masing-masing dalam pengoprasian komputer. Sebuah sistem komputer tersusun atas tiga elemen, yaitu:

Hardware (perangkar Keras)
Elemen komputerHardware merupakan rangkaian elektronik yang secara garis besar terdiri atas komponen utama, yaitu:

a. Prosesor
Merupakan bagian dari perangkat keras komputer yang melakukan arithmatik dan logika serta pengendalian operasi komputer secara keseluruhan. Secara fungsional bertugas untuk melakukan koordinasi pada sistem kerja komputer.

b. Memory
Berdasarkan fungsinya dibagi menjadi dua, yaitu:

- Primary Memory adalah digunakan untuk menyimpan data dan intruksi dari program yang sedang dijalankan. Biasa juga disebut sebagai RAM. Karakteristik dari memori primer adalah: Volatil (informasi ada selama komputer bekerja. Ketika komputer dipadamkan, informasi yang disimpan juga hilang), kecepatan tinggi, akses random/acak.

- Secondary Memory adalah digunakan untuk menyimpan data atau program biner secara permanen. Karakteristik dari memori sekunder adalah: Non volatil, kecepatan relatif rendah, akses random. Contoh memory sekunder adalah: floppy, harddisk, CD Room, megnerik tape, optical disk, dsb.

c. Input-Output Device
Berfungsi sebagai penghubung antara komputer dengan lingkungan luar. Contoh Input Output device: video add-on card, audio add-on card (audio card yang disisipkan pada motherboard PC).

- Input Device adalah berfungsi sebagai media untuk memasukkan data kedalam komputer. Contoh : keyboard, mouse, touch screen, light pen, scanner dsb.

- Output Device adalah berfungsi sebagai media untuk mengeluarkan/menampilkan hasil proses. Contoh: printer, video display, speaker, flat panel display/LCD.

Disamping prosesor, memory serta input output device, komputer juga memiliki media penyimpanan data yang terdapat didalam dan diluar komputer.

Software (perangkat lunak)
Software adalah perangkat lunak program yang dijalankan pada komputer. Kemampuan suatu komputer antara lain diukur dari kemampuan perangkat lunaknya bukan dari bentuk dan keindahan fisik mesin komputernya. Oleh karena itu biasanya perusahaan komputer mengeluarkan biaya yang sangat besar untuk penelitian dan pengembangan kemampuan perangkat lunak tersebut.

Brainware (SDM)
Brainware merupakan orang-orang yang bekerja di dalam bidang komputer. Atau orang-orang yang mengoprasikan komputer tersebut.

Tagged as: perangkat keras komputer .

Leave a Reply

Your email address will not be published.


3 × five =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>