Ganggang hijau

Ganggang hijau – Ganggang hujau atau Chlorophyta berwarna hijau karena mengandung kloroplas (plastida berpigmen hijau) dengan butir-butir pirenoid di tengahnya. Pirenoid berfungsi dalam fotosintesis untuk menghasilkan amilum. Bentuk kloroplas pada beberapa genus berlainan, ada yang seperti spiral (Spirogyra), jala (Hydrodictyon), bintang (Zygnema), dan ladam (Ulothrix).

Chlorophyta hidup di perairan, baik air tawar maupun air laut, tempat lembap, dan ada pula yang bersimbiosis dengan jamur (lichen). Chlorophyta berperan sebagai fitoplankton di perairan yang penting artinya dalam perikanan.

 

 

Beberapa contoh penting dari Chlorophyta, antara lain:

a. Bersel satu atau tidak bergerak

- Protococcus
Protococcus memiliki membran sel dan banyak mengandung klorofil. Perkembangbiakan secara vegetatif dengan membelah diri dari satu sel menjadi dua sel.
- Chlorella
Chlorella menyerupai bola-bola kecil dengan kloroplas berbentuk mangkuk. Perkembangbiakan secara vegetatif dengan membelah diri atau membentuk spora. Chlorella mempunyai nilai ekonomi yang penting karena bereproduksi dengaan cepat dan mengandung gizi yang tinggi (protein, lemak, vitamin, riboflavin, B12 dan karoten). Di Jepang, Chlorella telah dicoba untuk diolah menjadi berbagai macam makanan. Dengan demikian, terbuka prospek baru mengenai produksi bahan pangan, bahkan dapat menimbulkan revolusi dalam masalah penyediaan pangan.

b. Bersel satu dan dapat bergerak

- Chlamydomonas
Chlamydomonas berbentuk bulat telur dengan dua flaageel serta mengandung kloroplas dan pirenoid. Perkembangbiakan secara aseksual menghasilkan zoospora berflegel, sedangkan secara seksual menghasilkan zigospora.

c. Berkoloni dan tidak bergerak

- Hydrodictyon
Bentuk koloninya seperti jala dan dapat membentuk koloni anak berupa gelembung dengan panjang 1-2 cm. Perkembangbiakan secara generatif dengan peleburan antara dua gamet yang menghasilkan zigot. Selanjutnya, zigot akan membentuk zoospora yang akan berkembang menjadi koloni anak.

d. Berkoloni dan dapat bergerak

- Volvox
Bentuk koloninya seperti bola dan antara indivisu dalam koloni saling membentuk rangkaian benang sitoplasma. Setiap individu dalam koloni mempunyai dua flagel sehingga koloninya dapat bergerak memutar. Di bagian permukaan koloni dibentuk alat-alat kelamin, yaitu anteridium yang menghasilkan spermatozoid dan oogonium yang menghasilkan ovum.

e. Berbentuk benang (Filamen)

- Spyrogyra
Spyrogyra berbentuk benang yang bersekat dan tidak bercabang, mempunyai kloroplas terpilin seperti spiral, dan diselubungi lapisan lendir. Perkembangbiakan secara vegetatif dengan fragmentasi, sedangkan secara generatif dengan konjugasi yang menghasilkan zigospora. Selanjutnya, zigospora dapat tumbuh menjadi Spirogyra baru.
- Zygnema
Zygnema berbentuk benang yang bersekat, kloroplas berbentuk bintang, dan mamu menghasilkan zigospora hasil konjugasi. Cara konjugasinyaa hampir sama dengan Spirogyra.
- Oedogonium
Oedogonium memiliki anteridium dan oogonium. Jika kedua alat kelamin tersebut terpisah pada dua benang disebut heterotalus, tetapi jika terdapat pada satu benang disebut homotalus. Perkembangbiakan secara vegetatif dengan membentuk zoospora yang memiliki banyak fligel, sedangkan secara generatif dengan menghasilkan oospora dari pembuahan sel telur di dalam oogonium oleh spermatozoid dari anteridium. Selanjutnya, zoospora dan oospora akan tumbuh membentuk Oedogonium baru.

f. Berbentuk mirip tumbuhan tinggi

- Chara
Chara memiliki tubuh yang beruas-uas dan bercabang. Anteridium berbentuk bulat disebut global, sedangkan oogonium berbentuk lonjong atau oval menyerupai buah nanas disebut nukul. Chara menyerupai tumbuhan tinggi sehingga beberapa ahli ada yaang memasukkannya ke dalam kelompok tersendiri, yaitu Charophyta. Perkembangbiakan secara generatif dengan membentuk zigospora yang berdinding tebal. Selanjutnya, zigospora akan terlepas dari tumbuhan induk daan tumbuh menjadi Chara baru.
- Ulva
Ulva lebih dikenal dengan sebutan selada laut karena berbentuk lembaran seperti daun selada. Hidupnya di laut melekat pada batuan pantai dan ada yang menempel pada kayu-kayuaan. Tubuhnya terdiri atas dua lapis sel. Perkembangbiakan secara vegetatif dengan zoospora yang berflegel empat atau secara generatif dengan pembentukan gaamet betina dan gamet jantan berbentuk zoospora yang berflegel dua.

Tagged as: ganggang hijau . contoh chlorophyta .

Leave a Reply

Your email address will not be published.


7 × = sixty three

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>