Hutan bakau (Mangrove)

Hutan bakau (Mangrove) – Hutan bakau banyak terdapat di pantai-pantai pulau yang ada di Indonesia seperti di pantai timur Sumatra, pantai selatan Papua dan pantai selatan pulau Kalimantan. Hutan bakau mempunyai fungsi yang sangat penting antara lain dapat melindungi pantai dari abrasi air laut. Selain itu juga sebagai tempat berkembang biak berbagai jenis ikan, udang, kepiting, dll. Hutan bakau di Indonesia terdapat di daerah dataran rendah biasanya di pantai. Tumbuhan mangrove tumbuh dengan subur di rawa-rawa tepi pantai. Daerah persebarannya meliputi pantai utara Jawa, pantai timur Sumatra dan Riau. Manfaat mangrove adalah sebagai bahan untuk membuat arang, korek api, tusuk gigi, pelindung pantai dan abrasi, dan sebagainya.

Sebenarnya selain pembagian seperti di atas hutan di Indonesia dapat pula dikelompokkan berdasarkan beberapa hal. Misalnya, bila dilihat dari jenis pohon-pohon yang tumbuh di suatu kawasan hutan maka dikenal adanya hutan heterogen dan hutan homogen. Hutan heterogen yaitu hutan yang terdiri atas bermacam-macam pohon. Sedangkan hutan homogen kebalikannya yaitu hutan yang terdiri atas satu jenis pohon. Misalnya hutan jati, pinus, bakau, bambu dan sebagainya.

Kadang-kadang hutan digolongkan sesuai dengan letak ketinggian tempatnya. Dengan cara penggolongan ini kemudian dikenal hutan pegunungan, hutan rawa dan hutan pantai.

Penggolongan berdasarkan faktor edafik yaitu faktor tanah yang memengaruhi tumbuhan di daerah tertentu, terdapat tiga jenis hutan yaitu hutan rawa, hutan payau dan hutan pantai.

- Hutan rawa

Terletak di daerah yang digenangi air baik untuk sementara maupun selamanya. Termasuk hutan ini adalah hutan bergambut mengandung banyak bahan organik.

- Hutan puyau

Terdapat di daerah yang dipengaruhi oleh genangan air garam. Tanahnya berlumpur dipengaruhi pasang surut air laut, daerah hutan bakau. Tajuk hutan payau pada umumnya tidak berlapis-lapis dan tingginya mencapai 50 meter. Jenis pohon utamanya adalah bakau-bakauan dan tancang. Beberapa hutan payau di tumbuhi pohon kayu api-api, pedada atau nipah. Untuk menyesuaikan dengan lingkungannya pohon-pohon itu mempunyai akar tunjang. Lingkungan payau merupakan habitat udang dan berbagai jenis ikan laut. Fauna lainnya adalah muk, burung, ular dan kera.

Hutan ini terbentang di pantai timur Sumatra, Kalimantan, beberapa tempat di Sulawesi Selatan, Papua, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku dan Pulau Jawa (segara anakan, karawang, indramayu dan pamanukan).

- Hutan pantai

Terdapat pada daerah kering tepi pantai. Tanahnya berpasir dan berbatu-batu. Jenis pohon yang banyak terdapat di sini adalah bintang, pandan pudak, ketapang dan beberapa jenis epifit terutama paku-pakuan dan anggrek.

Tagged as: hutan payau . tumbuhan yang hidup di tepi pantai . pohon bakau untuk membuat korek api .

One comment on “Hutan bakau (Mangrove)

  1. P.Simanjuntak January 30, 2012 8:56 am

    Bapak /Ibu saya mau bertanyak mengenai hutan Rawa ,mohon bantuan informasi kira 2 yang cocok ditanami pohon yang ekonomis di lahan mineral rawa dan banjir 2 kali setahun dengan wktu satu – dua bulan. mohon advice tq.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


seven × = 49

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>