peredaran darah

Jantung sebagai alat peredaran darah

Bagian-bagian jantungJantung sebagai alat peredaran darah – Agar darah beredar ke seluruh jaringan tubuh diperlukan alat-alat peredaran darah yang terdiri dari jantung dan pembuluh darah, sedangkan untuk membersihkan darah yaitu mengambil oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida diperlukan paru-paru. Jantung manusia terletak pada bagian tengah rongga dada agak ke kiri di antara paru-paru kiri dan paru-paru kanan, sebelah ke atas diafragma. Sekarang dilahkan kalian perhatikan gambar jantung di samping ini.

Ukuran jantung kira-kira sebesar kepalan tangan, atau lebih kurang 300 gram untuk orang dewasa. Jantung manusia terdiri dari empat ruangan yaitu, serambi kanan dan serambi kiri, bilik kanan dan bilik kiri. Dinding ruangan jantung pada bilik lebih tebal dari pada dinding ruangan serambi. Dinding bilik kiri lebih tebal dari bilik kanan. Perbedaan ketebalan otot jantung erat hubungannya dengan kerja jantung. Bilik kiri lebih berat kerjanya untuk memompa darah ke seluruh tubuh jika dibandingkan dengan bilik kanan yang hanya memompa darah ke paru-paru. Serambi kiri lebih berat kerjanya yaitu menerima darah dari seluruh tubuh. Di antara serambi kanan dan bilik kanan terdapat sekat rongga jantung yang mempunyai klep/katup yang mempunyai tiga daun/katup trikuspidalis. Sedangkan di antara serambi kiri dan bilik kiri terdapat katup/klep berdaun dua/bikuspidalis. Adanya katup-katup ini memungkinkan darah hanya mengalir ke satu arah saja. Darah dari serambi kanan dan bilik kanan tidak bisa bercampur dengan darah di serambi kiri dan bilik kiri karena terdapat sekat rongga jantung sempurna.

Bagaimana mekanisme kerja jantung waktu memompa darah? Pada saat relaksasi/istirahat [otot-otot jantung mengembang, ruangan jantung membesar, darah dari pembuluh darah vena mengalir masuk ke rongga jantung. Pada saat otot-otot jjantung berkontraksi otot-otot jantung mengencang, ruangan jantung mengecil, darah dari ruangan jantung mengalir keluar dari bilik jantung melalui pembuluh darah nadi/aorta. Terjadinya aliran darah pada waktu jantung berkontraksi dan berelaksasi akan menimbulkan tekanan darah. Tekanan darah pada jantung berkontraksi disebut sistol dan tekanan darah pada waktu jantung berelaksasi disebut diastol.

Untuk lebih jelasnya bagaimana mekanisme kerja jantung tersebut perhatikan gambar berikut ini.

Mekanisme jantung memompa darah

a. Otot bilik berkontraksi ruangan bilik mengecil bilik memompa darah keluar dari jantung.
b. Otot jantung relaksasi, ruangan jantung mengembang darah masuk melalui serambi jantung.
c. Otot serambi berkontraksi, ruangan mengecil, darah dipompa ke bilik jantung.

Sebagaimana sebelumnya telah dikatakan kontraksi dan relaksasi otot-otot jantung menimbulkan denyut jantung yang menimbulkan aliran darah. Aliran darah ini akan menimbulkan denyut nadi yang seirama dengan denyut jantung. Denyut nadi ini akan dapat kita rasakan pada pergelangan tangan, pergelangan kaki, dan leher.

Jumlah denyut nadi per menit setiap orang akan berbeda-beda. Perbedaan ini terjadi akibat perbedaan kegiatan, jenis kelamin, umur, kesehatan dan sebagainya. Denyut nadi orang dewasa dalam keadaan istirahat kurang 75 kali/menit, dalam keadaan kerja berat mencapai 125 sampai 140 kali/menit. Untuk lebih jelasnya sebaiknya coba kalian lakukan kegiatan seperti gambar berikut ini.

Cara kerja:
Mengukur denyut nadiSediakanlah sebuah jam tangan yang dapat menghitung jumlah detiknya setiap menit.

  • Duduklah di atas sebuah kursi dalam keadaan tenang, letakkan tanganmu di atas meja.
  • Tekankan tiga buah jarimu seperti pada gambar pada pergelangan tanganmu sampai terasa denyut nadimu atau boleh juga temanmu, yang kamu suruh melakukannya.
  • Dengan menggunakan jam tangan hitunglah jumlah denyut nadimu dalam satu menit, catatlah hasilnya.
  • Sekarang coba kamu lakukan kegiatan berlari-lari di tempat selama lima menit. Kemudian duduk lagi, lakukan kegiatan seperti tadi 1 sampai 3. Bandingkan hasilnya, jika hasilnya berbeda coba kamu jelaskan faktor apa yang menyebabkan terjadinya perbedaan tersebut.
  • Kegiatan ini dapat juga kamu bandingkan hasilnya dengan temanmu yang juga melakukan kegiatan yang sama. Bila hasilnya tidak sama, coba kamu jelaskan pula beberapa faktor yang menyebabkan.
Tagged as: jantung manusia dan bagiannya . bagaimana keadaan serambi jantung saat relaksasi . keadaan serambi jantung saat relaksasi . Mengapa otot bilik kiri lebih tebal daripada bilik kanan .

Leave a Reply

Your email address will not be published.


nine + 6 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>