email_icon

Jenis-Jenis Email

Jenis-Jenis Email – Setelah kita mempelajari Pengertian Email pada postingan sebelumnya, sekarang kita mempelajari jenis-jenis email. Ada tiga jenis email yang digunakan, antara lian: POP mail, Email berbasis web, dan email formarding. Masing-masing jenis email tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan yang akan dijelaskan satu per satu di bawah ini.

POP Mail

POP Mail adalah email yang diterima melalui Internet Service Provider yang menjadi langganan kita. Kelebihan POP Mail adalah dapat dibaca dalam kondisi offline (tidak terhubung ke internet). Mengecek email dapat dilakukan dengan cara menghubungkan komputer ke internet, kemudian mondownload email dari server alamat email dan memutuskan hubungan dengan internet. Setelah membaca dan membuat balasan, kita dapat menghubungkan kembali komputer ke internet dan kemudian mengirimkan balasan email yang sudah dibuat. Dengan cara seperti ini, kita tidak perlu berlama-lama terhubung ke internet, sehingga biaya akses internet menjadi lebih murah.

Untuk mendownload email dari server alamat email dan mengirimkan balasannya, kita harus mempunyai program client mail, seperti Eudora atau Microsoft Outlook Express di komputer yang digunakan. Agar program itu dapat digunakan, kita harus melakukan pengaturan di program tersebut terlebih dahulu. Kekurangan dari POP mail adalah kita dapat membuka email dari sembarang tempat. Jika ingin melakukannya di komputer lain, terlebih dahulu kita harus melakukan pengaturan ulang. Selain itu, jika kita menggunakan akses internet yang perhitungan biayanya berdasarkan besar file yang didownload, bukan berdasarkan lama koneksi, biaya yang dikeluarkan akan sama saja.

Email berbasis web

Email berbasis web adalah layanan email yang ditawarkan oleh website-website penyedia jasa layanan email, seperti Gmail, Yahoo, Hotmail, dan lain-lain. Layanan jenis ini biasanya diberikan secara gratis oleh penyedia jasa layanan email yang bersangkutan. Ini merupakan kelebihan email berbasis web. Selain itu, kita dapat mengecek email dari mana saja. Kekurangan dari email jenis ini adalah kita bisa membaca/membuka email hanya dalam kondisi online, sehingga membutuhkan biaya koneksi ke internet yang lebih besar. Walaupun demikian, beberapa website penyedia jasa layanan email juga disertai dengan fasilitas POP3.

Email Forwarding

Email forwarding adalah layanan email yang meneruskan email yang diterimanya ke alamat email yang lain. Email jenis ini bermanfaat bagi orang yang suka ganti-ganti alamat email. Kelebihan email forwarding adalah kita bisa menyembunyikan alamat email yang sesungguhnya. Selain itu, bila kita mengganti alamat email, kita tidak perlu memberi tahu alamat email yang baru. Kita cukup memberikan alamat email forwardingnya. Kekurangan email jenis ini adalah karena hanya bersifat perantara dan harus meneruskan email yang diterima ke alamat yang lain, email tersebut membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sampai ke alamat email yang sesungguhnya.

Tagged as: jenis-jenis email . jenis jenis email . JENIS EMAIL . jenis jenis email berdasarkan layanan yang diberikan .

Leave a Reply

Your email address will not be published.


three + = 7

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>