Jenis-jenis perusahaan

Jenis-jenis perusahaan – Deru suara motor spanjang jalan dapat kita dengar setiap pagi maupun sore hari. Saat-saat itulah para pekerja berangkat dan pulang kerja. Pemandangan ini dapat kita temui setiap hari. Mungkin juga kamu mengetahui banyaknya pekerja yang dipekerjakan oleh perusahaan yang ada di sekitarmu, bisa segelintir orang hingga ratusan orang. Banyak sedikitnya pekerja ini tergantung dari skala produksi sebuah pabrik. Nah, berdasarkan besarnya skala usaha, perusahaan dapat dibedakan menjadi berikut.

Perusahaan kecil

Perusahaan kecil, apakah itu? Apakah perusahaan yang memiliki bangunan kecil menyerupai gubuk di sawah atau bahkan perusahaan yang ukuran produknya kecil-kecilan? Dapatkah kamu menafsirkan definisi dari perusahaan kecil tersebut? Jika kamu membayangkan bahwa perusahaan kecil memiliki tempat yang kecil, jawabannya salah. Kemudian, apa maksudnya? Perusahaan kecil adalah sebuah perusahaan yang memiliki atau memperkerjakan tenaga kerja antara 5-19 orang.

Perusahaan jenis ini dapat kamu temukan dalam industri rumahan. Perusahaan ini dikelola dan dipimpin oleh pemiliknya sendiri dibantu beberapa orang, bisa anggota keluarga atau masyarakat sekitar. Karena sifatnya kecil, perusahaan ini bentuknya perseorangan. Pemilik bertanggung jawab sepenuhnya terhadap perkembangan usahanya. Segala risiko akan ditanggung oleh pemilik tersebut. Akan tetapi, jenis perusahaan ini sekarang mengalami perkembangan yang pesat. Dampak positifnya adalah kemakmuran masyarakat meningkat dan angka pengangguran menjadi berkurang.

Perusahaan sedang

Jenis perusahaan berikutnya adalah perusahaan sedang. Dengan melihat namanya, kita tahu bahwa perusahaan ini tidaklah terlalu kecil maupun besar. Selain itu, pengelola perusahaan ini lebih baik dibandingkan perusahaan kecil. Perusahaan telah mempercayai orang lain untuk mengelola usahanya meskipun pmilik juga terlibat secara aktif dalam mengembangkan perusahaannya.

Perusahaan ini memiliki tenaga kerja antara 20-99 orang. Dengan jumlah sebanyak ini, perusahaan mampu memproduksi barang atau jasa dalam jumlah cukup besar. Saat ini perkembangan perusahaan jenis ini cukup pesat. Perusahaan jenis ini menjadi prioritas pemerintah dalam menggerakkan perekonomian nasional. Perusahaan sedang sering disebut sektor usaha kecil menengan (UKM). Perkembangan UKM ini didukung oleh pemerintah melalui pemberian kredit lunak sehingga mampu menjaga kelangsungan usahanya.

Perusahaan besar

Tentu kamu mengetahui PT Telkom Tbk., PT BNI Tbk., PT Unilever Tbk., PT Astra Internasional Tbk., atau PT PLN. Nah, jika kita melihat perusahaan-perusahaan tersebut pasti akan mudah menebak jumlah karyawannya. Perusahaan tersebut memiliki karyawan sejumlah ratusan hingga ribuan jiwa. Menurut definisinya perusahaan besar merupakan perusahaan yang memiliki tenaga kerja lebih dari 100 orang.

Nah, melihat banyaknya jumlah karyawan tentu dibutuhkan manajemen perusahaan yang profesional dan rapi. Tidak manutup kemungkinan perusahaan ini memiliki anak perusahaan atau kantor cabang di daerah-daerah. Oleh karena itu, perusahaan jenis ini harus melakukan pembagian kerja pada tiap-tiap bagian. Misalnya bagian produksi, pemasaran, personalia, dan keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


6 − four =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>