Kelebihan dan kelemahan koperasi

Kelebihan dan kelemahan koperasi – Dalam beberapa kesempatan, pemerintah menegaskan bahwa koperasi harus menjadi saka guru perekonomian Indonesia. Hal ini disebabkan badan usaha tersebut sesuai dengan jiwa dan kepribadian bangsa Indonesia yang bersifat kekeluargaan dan kegotongroyongan. Keberadaan koperasi di tengah masyarakat memiliki beban berat untuk meningkatkan kesejahteraan anggota. Sebagai saka guru, koperasi dijadikan kekuatan ekonomi rakyat. Oleh karena itu, koperasi dapat menjadi tiang utama dalam pembangunan ekonomi nasional. Peraktiknya, koperasi sama seperti badan usaha lainnya juga memiliki kelebihan dan kelemahan.

Kelebihan koperasi

Kelebihan koperasi sebagai berikut.

- Koperasi merupakan kegitan usaha yang memberdayakan semua potensi anggota. Potensi ini dikumpulkan sebagau satu kekuatan ekonomi yang dikelola secara bersama untuk kepentingan bersama pula.
- Pertumbuhan koperasi memiliki prospek yang baik. Perkembangannya dari tahun ke tahun semakin pesat, baik jumlahnya maupun kualitasnya. Hal ini disebabkan adanya kemudahan dalam pendirian koperasi yang tidak mengenal batas wilayah.
- Kekuatan koperasi mengakar dan menyebar menjadi suatu kekuatan ekonomi. Kondisi ini didasarkan oleh landasan koperasi Indonesia yang kuat, yaitu Undang-Undang Dasar 1945 pasal 33, Undang-Undang No. Tahun 1992 tentang koperasi, dan perangkat kebijakan yang dibangun untuk mendukung perkembangan koperasi.
- Kemudahan dalam mendapatkan modal usaha. Selama ini kita thu bahwa dalam setiap bulan misalnya, anggota koperasi menyetorkan simpanan wajib. Simpanan ini dapat dijadikan sebagai tambahan modal usaha. Di sisi lain, pemerintah terus berupaya meningkatkan perkembangan koperasi melalui kucuran dana guna menambah dan meningkatkan usaha.
- Adanya nilai-nilai dan prinsip koperasi yang tidak terdapat dalam badan usaha lain. Hal inilah yang menyebabkan hubungan yang harmonis antara anggota dan pengurus. Misalnya, terciptanya hubungan kekeluargaan, demokrasi, kemandirian, sukarela, keterbukaan maupun kepedulian sesama anggota.
 

Kelemahan koperasi

Selain memiliki kelebihan , koperasi juga memiliki kelemahan yang harus diperhatikan semua pihak. Kelemahan koperasi sebagai berikut.

- Kualitas sumber daya manusia masih rendah. Tidak bisa dimungkiri jika kualitas sumber daya manusia Indonesia masih rendah. Inilah salah satu faktor yang menyebabkan perkembangan koperasi terhambat. Rendahnya kualitas sumber daya menyebabkan pengelolaan koperasi menjadi tidak optimal. Akhirnya koperasi tidak mampu bersaing dengan usaha lainnya.
- Tingkat modal usaha yang terbatas. Bagi sebagian besar usaha, modal memegang peranan yang menentukan. Semakin banyak modal usahanya, semakin besar usaha tersebut. Sebaliknya, semakin terbatas modalnya, semakin sulit suatu usaha untuk berkembang.
- Banyak koperasi yang mengabaikan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga. Bahkan tidak sedikit pula koperasi yang tidak aktif, dan ada pula koperasi yang tidak berbasiskan anggota. Kasus ini terjadi karena koperasi melaksanakan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga. Padahal, anggaran dasar dan anggaran rumah tangga merupakan pedoman dalam mengelola koperasi.
- Masih rendahnya perhatian pemerintah terhadap perkembangan koperasi. Perhatian yang kurang berakibat pada perkembangan koperasi yang harus menurun dari segi kualitas. Hal ini diakibatkan lemahnya koordinasi lembaga pemerintah yang berkaitan dengan koperasi. Selain itu, masih menjamurnya KKN (korupasi, kolusi, dan nepotisme) dalam pengelolaan koperasi.
- Daya saing koperasi masih rendag. Di Indonesia koperasi dikenal sebagai mitra kerja sektor UKM (usaha kecul dan menengah). Padahal kita tahu bahwa kualitas produk dari UKM masih rendah. Akibatnya, daya saing produknya masih kalah dengan produk-produk badan usaha lainnya. Bahkan, masuknya produk impor membuat daya saing koperasi semakin terpuruk.

Tagged as: kelebihan koperasi . kelemahan koperasi . kelebihan dan kelemahan koperasi . kelebihan dan kekurangan badan usaha koperasi .

Leave a Reply

Your email address will not be published.


8 + eight =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>