Kerajaan banten islam

Kerajaan banten islam – Banten semula di bawah Kerajaan Demak. Ketika Sultan Trenggono wafat dan terjadi perebutan kekuasaan di Demak, Banten di bawah perintah Faletehan memisahkan diri dari Demak. Banten berdiri menjadi negara sendiri, yaitu Kerajaan Banten. Raja pertamanya adalah Faletehan.

Posisi Banten semakin penting setelah perdagangan di Malaka dimonopoli dan dikuasai Portugis. Pedagang Islam memindahkan pusat perdagangannya dari Malaka ke Aceh. Kemudian, dari Aceh para pedagang ini melanjutkan pelayarannya melalui pantai barat Sumatera ke Banten.

Faletehan menyerahkan Banten kepada putranya yang bernama Sultan Hasanuddin. Faletehan sendiri kemudian pergi ke Cirebon dan mendirikan kerajaan disana.

Pada masa pemerintahan Sultan Hasanuddian ini Banten berhasil meluaskan wilayahnya ke Palembang, Bengkulu, dan Sumatera. Perluasan wilayah ini di samping bertujuan politik dan ekonomi, juga bertujuan meluaskan penyebaran Islam. Akhirnya, daerah-daerah yang dikuasai Banten sebagian besar memeluk agama Islam. Dengan demikian masa pemerintahan Sultan Hasanuddin tidak hanyaa membawa kemajuan di bidang politik dan ekonomi, tetapi juga dalam penyebaran agama Islam.

Hasanuddin wafat pada tahun 1570. Penggantinya adalah Sultan Yusuf. Pada masa pemerintahan Sultan Yusuf berhasil menguasai Kerajaan Pajajaran (1579), dan Raja Pajajaran Prabu Sedah tewas dalam pertempuran ini. Dengan takluknya Kerajaan Pajajaran berarti runtuhnya kerajaan Hindu di Jawa Barat.

Sultan Yusuf wafat tahun 1580. Sultan Yusuf digantikan oleh putranya yang baru berusia 9 tahun yaitu Maulana Muhammad (1580-1605). Pada masa pemerintahan Maulana Muhammad inilah Belanda pertama kali mendarat di Banten (Indonesia) tahun 1596 di bawah pimpinan Cornelis de Houtman.

Tagged as: kerajaan banten . Faletehan . Ketika belanda berhasil mendarat dibanten tahun 1596 banten berada dibawah pemerintahan? . belanda mendarat di banten 1596 saat itu banten berada di bawah pemerintahan .

One comment on “Kerajaan banten islam

  1. Bantenia.com February 8, 2013 2:03 am

    Mksh, smakin nmbh wawasan. Mampir ke banteni.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


− 3 = zero

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>