Computer hybrid

Klasifikasi komputer menurut perkembangannya

Klasifikasi komputer – Dalam perkembangannya komputer dapat diklasifikasikan berdasarkan beberapa hal Pengklasifikasian komputer berdasarkan data yang diolah sebagai berikut:

Komputer Analog

Komputer analog merupakan jenis komputer yang dibuat untuk mengolah data kualitatif seperti pengukuran temperatur udara, tegangan, kecepatan suara, dan lainnya. Komputer jenis analog sebenarnya merupakan komputer jenis lain yang dapat menutup kekurangan jenis digital. Komputer ini dirancang untuk dapat menangani isyarat analog yang bersifat kontinyu.

Contoh komputer analog : Amperemeter, voltameter, barometer, termometer, dsb.

Komputer Digital

Komputer digital merupakan komputer yang dibuat untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif, berupa angka dan huruf. Komputer digital bekerja berdasarkan kode digital yang bersifat diskrit. Hanya ada dua kondisi yaitu on/off. Karena yang ada hanya dua kondisi maka konsep kode biner yang kebetulan menggunakan bilangan dasar 0 dan 1. Untuk mempersingkat penulisannya biasanya digunakan kode oktal, helsadesimal dan lainnya.

Contoh komputer digital : Calculator, Apple, Komputer yang dilaboratorium, dsb.

Komputer Hybrid

Computer hybridKomputer Hybrid merupakan jenis komputer yang dipakai untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif maupun kualitatif. Kemungkinan yang diolah adalah data kuantitatif dan keluaran berupa hasil data kualitatif, begitu pula sebaliknya. Komputer hybrid sebenarnya merupakan penggabungan dari komputer digital dan komputer analog.

Diantara aplikasi dari komputer hybrid adalah simulasi perjalanan ruang angkasa, analisa kondisi jantung pasien. Pengklasifikasian komputer berdasarkan kemampuannya yaitu kecepatan dan kapasitasnya:

- Komputer Mikro

Lebih dikenal dengan sebutan Personal Computer (PC). Kemampuan paling kecil dan banyak digunakan untuk kepentingan pribadi. Akan tetapi pada kenyataannya karena perkembangan teknologi yang cepat, komputer mikro juga mengalami banyak peningkatan kemampuan, sehingga sekarang tidak hanya pribadi yang menggunakannya tapi juga organisasi. Komputer mikro dapat berupa komputer yang diletakkan di atas meja (desktop) ataupun portabel berbentuk laptop atau notebook. Selain digunakan sebagai terminal/klien di client server sistem (sistem komputer jaringan dengan komputer server menyediakan database dan program-program yang dihubungkan dengan komputer-komputer klien berupa komputer mikro). Kecepatan komputer mikro sekarang berkisar dari 100 MHz (misal komputer dengan mokroprosesor Pentium I) sampai dengan 1,75 GHz (misalnya Pentium IV).

- Komputer Mini

Sebenarnya banyak digunakan sebagai server di client server system yang ditingkatkan kemampuannya. Komputer mini yang terkenal adalah IBM AS400.

- Komputer Mainframe

Komputer ukuran besar yang dapat melayani banyak pemakai secara serempak dalam mendukung aplikasi perusahaan. Mainframe biasanya diasosiasikan dengan sistem perusahaan besar, yaitu sistem berbasis komputer yang melayani bagian-bagian dalam organisasi. Misalnya departemen sumber daya manusia, accounting manajemen persediaan, biasanya merupakan sistem perusahaan besar yang dikendalikan oleh mainframe berbasis jaringan.

- Komputer Super

Sebenarnya merupakan komputer mainframe yang kapasitasya digandakan dengan menambahkan beberapa prosesor secara paralel. Oleh karena itu super komputer disebut juga dengan nama Pararel Processor Computer. Sampai dengan ratusan bahkan ribuan prosesor dapat dipasang secara pararel atau secara jaringan. Komputer super banyak digunakan oleh lembaga-lembaga bisnis, seperti misalnya adalah jaringan toko Wall Mart yang berada di Amerika Serikat. Ribuan toko Wall Mart tersebar di negara tersebut. Setiap toko mempunyai sistem informasi tersendiri dengan basis data yang cukup besar. Manajer dikantor pusat menginginkan informasi tentang perilaku konsumen secara terpadu dalam satu negara. Untuk keperluan ini diperlukan sistem informasi yang menampilkan peta AS dan toko-toko Wall Mart dan menunjukkan bagaimana perubahan perilaku konsumen terlihat antar toko/wilayah, semua data dikumpulkan dikantor pusat dan diolah bersama untuk menghasilkan informasi tersebut. Wallmart kemudian menggunakan super komputer yang mempunyai kapasitas simpanan yang besar dan kemampuan proses yang cepat.

Pengklasifikasian komputer berdasarkan bidang masalah

- General Purpose Computer

Digunakan untuk menangani seluruh jenis masalah, baik masalah bisnis maupun ilmu pengetahuan. Aplikasi bisnis misalnya : pemrosesan order, analisa pasar saham, dsb. Aplikasi pengetahuan misalnya : analisis suara, analisis perhitungan darah, dsb.

- Special Purpose Computer

Adalah komputer yang digunakan untuk menangani satu jenis masalah, misalnya pengendalian lampu lalu lintas, pengendalian lalu lintas udara (misal informasi penerbangan, rute tujuan penerbangan, waktu pemberangkatan, dsb).

Leave a Reply

Your email address will not be published.


+ one = 9

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>