Macam Iklim Fisis

Macam Iklim Fisis – Iklim fisis merupakan iklim yang sesungguhnya menurut kenyataan yang ada di daerah itu. Iklim ini ditentukan oleh pengaruh lingkungan fisis yaitu: keadaan permukaan bumi (lautan atau daratan), bentang alam (relief), angin, dan arus laut. Macam-macam iklim fisis yaitu:

Iklim laut
Iklim ini berada pada:

a. Daerah tropis dan sub tropis sampai lintang geografis 40o. Beberapa sifat penting iklim ini ialah: rata-rata suhu tahunan tidak begitu tinggi, amplitudo suhu (perbedaan suhu) harian kecil, dan banyak awan dan banyak hutan lebat, kadang-kadang disertai badai.

b. Daerah sedang. Iklim ini memiliki pengaruh dalam memperkecil perbedaan musim panas dan musim dingin. Sehingga daerah ini memiliki sifat penting, yaitu: amplitudo harian dan tahunan kecil, banyak awan, banyak hujan terutama pada musim dingin, tetapi kebanyakan hujan rintik-rintik saja, dan pergantian musim tidak secara tiba-tiba.

Iklim darat atau iklim kontinental
Iklim ini berada pada:

a. Daerah tropis dan sub tropis sampai lintang geografis 40o. Daerah ini mempunyai amplitudo suhu harian sangat besar (contohnya di Sahara). Amplitudo suhu tahunan kecil, karena itu terkenal pula “malam merupakan winternya daerah tropis”, yang beriklim darat. Hujan sedikit kadang-kadang disertai taufan.

b. Daerah sedang. Daerah ini bersifat rata-rata suhu pada musim panas tinggi, pada musim dingin rendah, jadi amplitudo suhu tahunan besar, amplitudo suhu harian besar. Pada musim panas, siang hari panas sekali, dan hujan sangat sedikit, hanya jatuh pada musim panas.

Iklim di daerah tinggi
Sifatnya tergantung pada relief di daerah masing-masing.

a. Iklim tanah tinggi, terdapat di daerah-daerah tinggi misalnya Tibet, Dekan, dan sebagainya. Sifat-sifatnya:
- Amplitudo suhu harian dan tahunan besar
- Udara kering, lembap relatif amat rendah
- Jarang jatuh hujan

b. Iklim gunung, terdapat di puncak-puncak gunung yang terpencil. Sifatnya:
- Amplitudo suhu lebih kecil dari pada iklim tanah tinggi. Bahkan di daerah sedang hampir sama dengan amplitudo dari iklim laut.
- Hujan banyak jatuh di bagian depan gunung, menurut arah angin kadang-kadang banyak juga jatuh salju. Hal itu penting untuk keadaan air sungai yang mata airnya dari daerah itu.

Iklim musim
Sifat yang terpenting dari iklim musim adalah angin berganti arah berlawanan tiap-tiap setengah tahun. Setengah tahun angin laut, dan setengah tahun angin darat. Pada umumnya musim hujan jatuh pada musim panas. Tetapi mungkin pula pada kedua musim, jatuh hujan seperti di Jepang dan Filipina, meskipun berbeda jumlahnya. Curah hujan maksimum pada musim panas.

Tagged as: iklim fisis . macam macam iklim fisis . macam-macam iklim fisis . GAMBAR IKLIM darat/kontinental .

Leave a Reply

Your email address will not be published.


7 × one =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>