Macam-macam aplikasi internet

Macam-macam aplikasi internet – Saat ini aplikasi internet yang tersedia sudah banyak dan akan terus bertambah, seiring dengan kemajuan teknologi informasi. Aplikasi-aplikasi internet ini kemudian digunakan dalam berbagai bidang, seperti akademik, militer, medis, media massa, periklanan, dan berbagai sektor industri.

Dari sekian banyak aplikasi internet yang ada saat ini, yang paling banyak dikenal dan digunakan, antara lain World Wide Web (www), E-mail, Mailing List (milis), Newsgroup, Internet Relay Chat, File Tranfer Protocol (FTP), Telnet, Gopher, dan Ping.

World Wide Web

World Wide Web atau www merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan daan merupakan aplikasi yang paling penting. Aplikasi www dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal. www adalah dokumen-dokumen internet yang disimpan di server-server yang terdapat di seluruh dunia. Dikumen web tersebut dibuat dengan menggunakan format hypertext dan hypermedia, yaitu Hypertext Markup Language (HTML). HTML mempunyai kemampuan untuk menghubungkan (link) sebuah dokumen dengan dokumen lain. Halaman-halaman web yang dibuat dengan menggunakan HTML digunakan untuk menyimpan informasi. Dokumen yang dibuat dengan HTML tersebut dapat memuat teks, gambar, animasi, audio, dan video.

Electronic Mail (E-Mail)

E-mail atau surat elektronik adalah aplikasi internet untuk sarana komunikasi surat-menyurat dalam bentuk elektronik. Mengirim e-mail sama persis dengan mengirim sebuah surat biasa. Kita dapat bercerita, mengirim pesan, atau apa saja. Melalui e-mail, kita juga dapat mengirimkan file dokumen, gambar, dan sebagainya.

E-mail merupakan alat komunikasi yang murah dan cepat. Kita dapat mengirimkan surat ke seluruh dunia dengan biaya yang sangat murah. Karena komunikasi melalui internet dilakukan dengan sangat cepat, maka e-mail yang kita kirim akan sampai dengan sangat cepat pula, yakni sesaat setelah dikirim.

Mailing List

Mailing List atau sering juga disebut milis adalah aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melalui e-mail. Setiap e-mail yaang dikirim ke alamat milis akan dikirimkan ke seluruh alamat e-mail yang terdaftar sebagai anggota milis tersebut.

Milis sebenarnya bentuk lain dari e-mail. Fasilitas ini digunakan oleh kelompok-kelomok untuk bertukar informasi dan berdiskusi sesama anggota kelompok. Milis mempunyai sifat yang sama dengan e-mail.

Newsgroup

Newsgroup adalah aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain dalam sebuah forum. Biasanya, anggota faorum newsgroup mempunyai kepentingan dan ketertarikan yang sama serta membahas topik-topik tertentu. Newsgroup dapat dianggap seperti sebuah bulletin board, di mana setiap orang bebas memaparkan pendapatnya untuk dibaca oleh orang lain yang tergabung dalam kelompok tersebut.

Sarana yang mungkin digunakan dalam newsgroup dapat berupa multimedia (audio-visual) dengan menggunakan fasilitas konferensi video, dapat berupa teks saja atau teks audio dengan menggunakan fasilitas chat (IRC). Newsgroup juga memungkinkan kita dapat menyampaikan informasi dengan cepat kepada orang-orang yang tergabung dalam sebuah kelompok.

Internet Relay Chat

IRC adalah aplikasi internet yang digunakan untuk bercakap-cakap di internet. Bercakap-cakap di internet dikenal dengan istilah chatting. Chatting dilakukan dengan cara mengetik apa yang ingin kita katakan kepada teman chatting kita, kemudian mengirimnya dalam bentuk teks. Saat ini beberapa layanan chatting di internet telah dilengkapi dengan sarana untuk menampilkan gambar yang diambil melalui webcam. Dengan menggunakan fasilitas ini, kita dapat “bercakap-cakap” sambil melihat gambar orang yang sedang chatting dengan kita. Melalui chatting, kita dapat berkenalan dan bercerita dengan orang lain di seluruh belahan dunia.

File Transfer Protocol

File Transfer Protocol yang sering disingkat FTP adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengirimkan atau mengambil file ke/dari komputer lain. FTP memungkinkan transfer data lebih cepat.

FTP sering digunakan untuk mencari dan mengambil (download) arsip (file) dari sebuah server di internet yang mempunyai alamat tertentu yang menyediakan berbagai file. File tersebut memang diizinkan untuk diambil oleh pengguna internet yang membutuhkannya. File tersebut bisa berupa hasil penelitian, artikel, jurnal, dan lain-lain. FTP juga digunakan untuk meng-upload file situs (homepage), sehingga bisa diakses oleh pengguna dari seluruh pelosok dunia.

Telnet

Telnet adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengakses komputer yang letaknya jauh. Telnet dapat digunakan apabila kita mempunyai alamat IP (IP addres) dari komputer yang akan diakses dan kita juga harus mempunyai hal akses (user ID dan password) ke komputer tersebut.

Gopher

Gopher adalah aplikasi yang digunakan untuk mencari informasi yang ada di internet. Namun, informasi yang dicari hanya terbatas pada teks saja. Untuk mendapatkan informasi melalui Gopher, kita harus menghubungkan diri dengan Gopher server yang ada di internet.

Ping

Ping adalah singkaatan dari Packet Internet Gopher. Ping digunakan untuk mengetahui apakah komputer yang kita gunakan terhubung (terkoneksi) dengan komputer lain di internet. Pengecekan hubungan ini dilakukan dengan cara mengirimkan sejumlah paket data.

Dari aplikasi-aplikasi yang ada di internet, maka sampai saat ini kegunaan internet yang dapat kita rasakan adalah sebagai berikut.

  • Sarana untuk mendapatkan dan menyampaikan informasi yang cepat dan murah. Hal ini didapatkan dengan menggunakan aplikasi e-mail, www, newsgroup, FTP, dan Gopher.
  • Mengurangi biaya kertas dan biaya distribusi, Misalnya, koran nasional dapat dicetak di daerah, koran masuk internet, majalah, brosur, dan sebagainya.
  • Sebagai media promosi, internet dimanfaatkan untuk beriklan dan menampilkan profil perusahaan serta produk-produknya.
  • Sarana komunikasi interaktif, seperti pada e-mail, dukungan pelanggan dengan www, konferensi video, IRC, telepon via internet.
  • Sarana penelitian dan pengembangan (Research and Development).
  • Sarana untuk mempertukarkan data.
Tagged as: macam macam aplikasi internet . macam-macam aplikasi internet . aplikasi internet . macam aplikasi internet .

Leave a Reply

Your email address will not be published.


× 4 = twenty eight

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>