Pembuluh Darah

Macam-macam pembuluh darah

Macam-macam pembuluh darah – Bila kalian telah selesai mempelajari tentang jantung, silahkan pelajari pula tentang pembuluh darah. Darah yang mengalir ke seluruh jaringan tubuh melalui sistem pembuluh darah. Menurut arah aliran dan fungsinya pembuluh darah dapat digolongkan menjadi tiga macam, yaitu:

Pembuluh nadi
Pembuluh nadi/arteri adalah pembuluh darah yang membawa darah keluar dari jantung. Pembuluh nadi terhubung langsung dengan bilik jantung disebut aorta. Ada dua macam pembuluh nadi, yaitu pembuluh nadi tubuh merupakan pembuluh nadi yang membawa darah dari bilik kiri jantung ke seluruh bagian tubuh, pembuluh nadi ini membawa darah yang kaya oksigen. Pembuluh nadi paru-paru, pembuluh nadi yang membawa darah dari bilik kanan menuju paru-paru. Pembuluh nadi ini membawa darah yang banyak mengandung karbon dioksida.

Pembuluh vena/pembuluh balik
Pembuluh balik adalah pembuluh darah yang membawa darah menuju jantung. Berdasarkan asal dari darah yang diangkutnya pembuluh balik juga ada dua macam, yaitu pembuluh balik tubuh adalah pembuluh balik yang membawa darah dari seluruh tubuh menuju serambi kanan jantung. Pembuluh balik paru-paru adalah pembuluh balik yang membawa darah dari paru-paru ke balik kiri jantung. Pembuluh balik tubuh membawa darah yang banyak mengandung karbon dioksida sedangkan pembuluh balik paru-paru membawa darah yang kaya oksigen.

Untuk lebih jelasnya letah pembuluh nadi dan pembuluh vena pada jantung dapat kalian perhatikan gambar di bawah ini.

Tabel berikut ini dapat menjelaskan perbedaan pembuluh nadi dengan pembuluh vena.

No. Hal yang diamati Pembuluh nadi Pembuluh vena
1. Aliran darah Dari jantung Menuju jantung
2. Letak Tersembunyi jauh dibawah permukaan kulit Tidak tersembunyi dekat permukaan kulit
3. Denyut Terasa Tidak terasa
4. Dinding Tebal, kuat, elastis Tipis, tidak elastis
5. Pembuluh jika terluka Darah memancar keluar Darah mengalir keluar

Pembuluh kapiler
Merupakan jaringan pembuluh darah halus yang tersebar di seluruh jaringan tubuh. Fungsi pembuluh kapiler adalah mengalirkan darah dari pembuluh nadi ke seluruh jaringan tubuh, mengumpulkan darah dari jaringan tubuh dan mengembalikan ke jantung melalui pembuluh darah vena.

Beberapa penyakit dan kelainan pada alat-alat peredaran darah
Kelainan pada jantung misalnya adanya kebocoran antara kedua serambi atau kedua bilik jantung, sehingga terjadi percampuran antara darah bersih dengan darah kotor, klep jantung yang tidak sempurna sehingga proses pemompaan darah tidak berjalan dengan baik. Penyakit pada jantung, misalnya adanya infeksi pada selaput dan otot jantung.

Kebiasaan merokok, minum-minuman keras, kolesterol tinggi, juga dapat menimbulkan penyakit pada jantung. Kelainan pada sistem pembuluh darah misalnya bawazir, varises, dan sifat elastis pembuluh darah berkurang. Bawazir adalah pelebaran dan pecahnya pembuluh balik di sekitar anus. Varises adalah pelebaran pembuluh balik pada daerah tertentu misalnya pada telapak kaki, betis, dan tangan. Hal ini bisa terjadi pada orang gemuk atau hamil.

Tagged as: gambar pembuluh darah .

Leave a Reply

Your email address will not be published.


six + = 13

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>