Manfaat hutan

Manfaat hutan – Manfaat/peranan hutan cukup bervariasi sesuai dengan sudut pandang tertentu. Bagi hubungan timbal balik lingkungan hutan memiliki beberapa peranan yang sangat penting, antara lain :

Peranan hutan

1. Sebagai tempat hidup (habitat) satwa dan tumbuhan lainnya. Keberadaan hutan benar-benar telah menjaga berbagai jenis hewan dan tumbuhan dari kepunahan. Hutan menjadi kandang raksasa yang sanggup menumpang bagi ribuan jenis hewan dan bagaikan pot sangat besar yang kuat ditumbuhi ribuan jenis tumbuhan.

2. Dapat mencegah erosi tanah dan banjir. Air hujan dapat tertahan alirannya sehingga terserap dan disimpan oleh akar tumbuh-tumbuhan. Bila tidak ada hutan maka ketika hujan akan terjadi pengikisan tanah oleh aliran hujan. Akibatnya akan terjadi bencana bagi lingkungan seperti banjir dan rusaknya lapisan tanah pertanian.

3. Pengatur peredaran air dalam tanah. Akar, batang dan daun pepohonan di hutan dapat menyimpan air hujan agar tidak langsung mengalir ke laut. Air dalam tanah keluar secara bertahap sedikit demi sedikit sebagai mata air. Jika tidak ada hutan biasanya berdampak terjadinya kekeringan sumber air pada musim kemarau.

4. Hutan merupakan penghasil gas oksigen (O2) yang sangat dibutuhkan oleh manusia dan makhluk lainnya untuk bernafas dan kelangsungan hidup.

5. Sebagai penyerap bahan-bahan pencemar udara. Daun tumbuh-tumbuhan mampu menyerap gas karbon dioksida (CO2). Gas ini sangat mengganggu pernafasan manusia karena merupakan sisa pembakaran dan menyebabkan pencemaran udara. Dengan adanya hutan, maka daun-daunan akan menyerap karbon dioksida sehingga udara akan menjadi segar dan bermanfaat bagi manusia.

6. Hutan dapat membentuk humus yang merupakan sisa-sisa tanaman yang telah terurai. Dengan adanya humus itu akan menambah kesuburan tanah dan sangat cocok untuk ditanami.

Manfaat hutan bagi manusia

Pranan hutan bagi manusia sangatlah besar, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Tempat mencari makanan di hutan dengan berburu binatang dan mencari buah-buahan. Ini terjadi pada masa dahulu/purba. Pada masa sekarang mungkin di pedalaman atau pulau-pulau kecil.

2. Tempat mengambil hasil hutan berupa kayu maupun bukan kayu. Kayu dipakai sebagai salah satu sumber bahan bakar, bahan konstruksi bangunan, bahan perabotan. Hasil hutan buakan kayu misalnya bambu, rotan getah dan minyak asiri menjadi bahan baku industri kerajinan tangan, industri kertas, industri farmasi dan masih banyak lagi.

3. Tempat melakukan beberapa kegiatan misalnya berkemah, berburu, atau untuk kepentingan ilmu pengetahuan, pendidikan kebudayaan dan pariwisata. Hutan yang indah akan menjadi objek wisata yang menarik sehingga akan mendatangkan banyak devisa bagi negara. Pada sektor pariwisata ini tentunya akan memberikan manfaat seperti dapat menyerap tenaga kerja yang cukup banyak.

4. Pada kondisi tertentu, hutan dapat dibuka menjadi lahan pemukiman atau areal pertanian. Dengan demikian hutan merupakan lahan pemukiman cadangan di samping untuk kegiatan pertanian. Manusia tidak perlu khawatir kekurangan lahan layak untuk tempat tinggal selama masih mempunyai banyak hutan yang terjaga. Namun demikian juga akan beresiko sekali jika lahan-lahan hutan di buat pemukiman.

5. Pada kondisi perang masa dulu, hutan termasuk tempat yang aman dan sering dijadikan tempat menyingkir dari serangan musuh. Bahkan menjadi tempat yang cocok untuk mengatur strategi perang yang sangat rahasia. Jadi, fungsi hutan bisa disebut sebagai alat pertahanan di saat perang dan hiasan di saat damai.

Tagged as: manfaat hutan . manfaat hutan bagi manusia . fungsi hutan . hutan .

6 comments on “Manfaat hutan

  1. iddien February 15, 2012 4:59 am

    lumayan bagus sih….. kk terima kasih ya kk…..
    sudah lihat ARTIKELNYA…..

    salam….
    iddien…

  2. dinna March 23, 2012 3:41 am

    di perbanyak lagi yuah lumyan buat nmbah ilmu…

  3. irwanto March 23, 2012 12:45 pm

    o k…ok

  4. irwanto March 23, 2012 12:46 pm

    usaha -usaha unt k melestarikanya uga lh..

  5. alex May 25, 2012 9:57 am

    makasih ya artikelnya……. :)

  6. alex May 25, 2012 10:00 am

    tambahin lebih banyak ya….. :(

Leave a Reply

Your email address will not be published.


two × 8 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>