Manfaat jeruk nipis

Manfaat jeruk nipis – Buah yang satu ini selain segar untuk dijadikan minuman ternyata buah ini juga dapat dijadikan sebagai kecantikan dan kesehatan. Penjelasan singkatnya, nama ilmiah Citrus Aurantium merupakan nama dari jeruk nipis yang sering kita manfaatkan sebagai minuman tersebut. Jeruk nipis sendiri merupakan salah satu dari jenis jeruk yang kaya akan manfaatnya. Buah yang berbentuk bulat dan berwarna hijau atau kuning ini kaya akan vitamin C yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

Dari segi kecantikan jeruk nipis pada umumnya digunakan sebagai bahan dasar produk-produk kecantikan saat ini. Lihat saja banyak produk kecantikan yang mencamtumkan jeruk nipis sebagai bahan dasar dari produknya tersebut. Ya walaupun buah ini sudah familiar di kalangan masyarakat namun banyak orang juga yang awam akan manfaat dari buah yang satu ini. Biasanya orang-orang mengetahui manfaatnya dari nenek moyang yang telah turun temurun, seperti halnya manfaatnya untuk menyembuhkan penyakit batuk.

- Kandungan
Untuk itu mari kita telik beberapa kandungan dan manfaat dari buah yang manyegarkan tersebut. Pada umumnya masyarakat sudah banyak mengetahui akan kandungan vitamin C nya yang cukup besar tersebut. Namun ternyata masih banyak lagi kandungan-kandungan dari buah ini seperti halnya mineral yang dikandungnya. Dalam penelitian menunjukkan pada setiap 100 gram buah jeruk terdapat :
- asam askorbat 49 mg
- besi 0,4 mg
- fosfor 23 mg
- kalsium 33 mg
- mineral 0,5 g
- karbohidrat 11,4 g
- lemak 0,2 g
- protein 0,9 g
- kalori 51 kal, Dll

Ups masih banyak lagi ternyata, dalam penelitian tersebut juga menunjukkan kandungan lain yang di dalamnya seperti vitaim B1, belerang, asam sitrun, glikosida, damar, minyak atsiri (meliputi : nildehid, aktilaldehid, linali-lasetat, gerani-lasetat, kadinen, lemon kamfer, felandren, limonen, sitral), asam amino (lisin, triptofan), asam sitrat, minyak terbang, dll.

- Manfaat
Nah dikarenakan kandungan dari buah jeruk nipis yang begitu besar, banyak orang yang memanfaatkan buah jeruk tersebut sebagai buah alternatif kecantikan maupun obat. Banyak orang yang menyukai minuman yang terbuat dari jeruk nipis tersebut, hal ini karena iklim di indonesia termasuk ber iklim tropis makanya tak salah banyak orang yang menyukai buah tropis yang satu ini. Selain menyegarkan jeruk nipis sendiri dapat di jadikan sebagi obat atau kecantikan alternatif seperti :

- Kesehatan
Mengobati amandel
Mengobati sakit batuk
Mengobati ambeien
Mengobati influenza
Mengobati batu ginjal
Mengobati defteri
Mengobati demam atau flu
Mengobati tekanan darah tinggi
Mengobati datang bulan yang tidak teratur
Mengobati radang tenggorokan
Mengobati kurap atau panu
Mengobati demam/malaria
Mengobati vertigo
Mengobati sakit gigi
Mengobati pegal linu
Menambah setamina, dll.

- Kecantikan
Melangsingkan badan
Menghaluskan dan mencerahkan kulit
Menghilangkan ketombe
Membersihkan kuku agar cemerlang
Mengecilkan pori-pori kulit
Menghilangkan bau keringat
Sebagai bahan relaksasi
Menghilangkan jerawat pada muka
Menyamarkan noda hitam atau flek hitam
Meremajakan kulit, dll.

Namun dari banyaknya manfaat yang terkandung dari buah jeruk ini tidak langsung ces pleng dalam arti tidak langsung. Akan tetapi perlu waktu dalam menangani masalah masalah yang di atas tersebut. Walaupun tidak langsung cepat dalam satu hari kiranya dengan bahan alami tidak menimbulkan efek samping dalam penggunaannya (kecuali bagi anda yang memiliki penyakit dan harus menjauhi buah jeruk). Memang tuhan itu tidak menciptakan sesuatu yang tidak bermanfaat. Lihat saja manfaat dari buah jeruk nipis itu sendiri. Nah untuk itu tidak ada salahnya kita kembali ke alam lagi seperti nenek moyang kita.

Tagged as: manfaat jeruk nipis . nama latin jeruk nipis . khasiat jeruk nipis . kegunaan jeruk nipis .

26 comments on “Manfaat jeruk nipis

  1. SRIHARYATI November 29, 2011 1:04 pm

    MEMANG BETUL,SAYA SUDAH MENCOBA KURANG LEBIH 3 BULAN TERNYATA PEGAL-PEGAL, SAKIT DAN KEMENG PADA TANGAN (ASAM URAT ) SAYA SEMBUH, DAN SAYA MASIH TERUS BERUSAHA MENGKONSUMSI JERUK NIPIS SEBAGAI ALTERNATIF.

  2. yuyun January 10, 2012 7:30 am

    Saya sangat gembira saat membaca artikel ini, karena bisa membantu permasalahan yg timbul di wajah sy yg jerawatan, dan lg kelebihan berat badan 5 kg, mudah2 an berhasil sy coba, tq…

  3. nikimout Selaluceria January 28, 2012 10:11 am

    Smua buah Jeruk, buah yg segar, tp dr smuax buah jeruk mempuxai khasiat brbeda-beda, . . Smua bs untk obat, trimakasi

  4. juned sayu January 28, 2012 1:22 pm

    saya telah mengkonsumsi jeruk nipis pengasih bu guru, ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan dan bercinta

  5. abdul majid February 8, 2012 4:55 pm

    apakah jeruk ini dpt enhilangkan lendir berlebih ddlm tenggorokan.?

  6. friyan February 14, 2012 2:42 am

    yg suda mengunakan jeruk nipis sejak msh smp,cma tuk menghlangkan jerawat pd muka sya,tr bukti sampai sekarang sya terhndar dari jerawat dan kulit mukapun jadi halus,semua it krema di ksh tau oleh ibuku.

  7. friyan February 14, 2012 2:48 am

    caraya=jeruk nipis di potong 2 lalu kta bershkan muka kta dgn mengeluska jeruk nipis pd muka,sebelum anda mandi,lakukan sesering mungkn,maka anda akn mendpt haksiatnya,teman2 saya gak percya,ia mengira kl sya pakai kosmetik /pembersh waja,pdhl cma dng jeruk nipis.(selamat mencoba)

  8. Tips Sehat dan Cantik February 20, 2012 9:31 am

    Wah ternyata banyak juga ya manfaat jeruk nipis bagi kesehatan. Gak cuma bagi kesehatan aja, jeruk nipis bisa membuat kita cantik loh….. sangat menarik gan artikelnya. bermanfaat bagi banyak orang. makasih ya gan….

  9. widhie February 25, 2012 12:26 pm

    Pa bnar si cmua tu…???

  10. Sri February 26, 2012 11:43 am

    jeruk nipis memang sangatt kaya manfaat untuk penampilan agar kita terlihat cantik

  11. satria March 3, 2012 11:28 pm

    apakah jeruk nipis bisa mengecilkan berat badan. soalnya berat badan saya obesitas. trims, mohn jawabanya.

  12. dinda March 5, 2012 2:44 am

    Pengalaman pribadi saya, bahwa Jeruk nipis bagus untuk kesehatan juga bisa menurunkan berat badan. Yang penting yakin dulu dan telaten…..insya allah….!!!!!

  13. NINI March 8, 2012 1:04 am

    Saya juga memakai jeruk nipis pada wajah dan juga di pakai untuk minum karena jeruk nipis gunanya saat di minum adalah mengurangi nafsu makan….. jadi buat yang ingin diet silahkan minum air jeruk yang di campur dengan sedikit gula dan air… di minum setiap pagi dan sore khasiatnya luar biasa…. kalau untuk wajah caranya di jeruknya di belah dua lalu dagingnya di oleskan pada wajah setiap hari maka wajah akan terlihat putih dan terhindar dari jerawat…. inilah sharing pengalamanku…… makasih

  14. ikha March 10, 2012 4:01 pm

    aku mank ru nyoba 2x sich… tpi kehalusan wajah dari jeruk nipis dah sya rasakan n trlihat brsih aja..

  15. dede supriatna March 16, 2012 11:50 am

    memang betul jeruk nipis itu kaya akan mampaatnya. saya pernah mencobanya ko.. kulit muka saya yg kusam menjadi lebih bersih dan cerah berkat manfaat jeruk nipis.

  16. Ayu March 17, 2012 6:14 am

    iya. memang betul kok jeruk nipis bisa nglngin jerawat. setela mencobanya jerawat aku berkurang. tapi blum semua seh .
    tapi kalo untuk menurunkan berat badan aku gag tau gimana caranya???
    bantu aku doonggg..

  17. Ayya March 21, 2012 4:06 am

    Hmmm apa ya?? Saya jadi pengen nyoba, soalnya saya suka jerawatan ;-D

  18. Anto' April 7, 2012 1:16 pm

    Makash yaaa,,infonya, hari ni ari bru nyoba ! Mudah2an brhasil ya mbk2, hehehe,,,

  19. Tamaji April 9, 2012 9:47 am

    Yang aku rasakan sich sejak minum jeruk nipis jd jarang kena flu meskipun kena jg cepet sembuh.begitu jg dgn sakit sariawan jd jarang dan cepet sembuhnya.

  20. Tamaji April 9, 2012 9:48 am

    Yang aku rasakan sich sejak minum jeruk nipis jd jarang kena flu meskipun kena jg cepet sembuh.begitu jg dgn sakit sariawan jd jarang dan cepet sembuhnya..

  21. Evi Silviani April 10, 2012 6:57 am

    Kalau untuk membantu melangsingkan badan,caranya itu jeruk nipis di campur air putih saja atau jeruk nipis di campur gula dan air?nah yang saya tanyakan gulanya itu gula putih atau gula merah?

  22. Kanjeng mami April 10, 2012 3:18 pm

    Bagi org yg trkena mslh lambung, Minum jeruk nipis tu bahaya ga? Pdhl dktr dah nyaranin ga boleh mengkonsumsi yg asam2.

    • bambang dc April 24, 2013 3:54 am

      aku pakai buat lambung, setiap pagi sebelum makan 2bh. di coba aja pasti sip

  23. sudi pratikno April 17, 2012 3:52 am

    aturan minumnya bagaimana saya pingin coba gan?

  24. reni nita May 21, 2012 11:52 am

    kl emang bener aku jg mau cb deh…thanks

  25. Idha July 8, 2013 1:35 am

    Cara menggunekan klo vertigo gmna ya ?

Leave a Reply

Your email address will not be published.


seven × = 56

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>