Manfaat madu untuk wajah dan rambut

Manfaat madu untuk dan rambut – Ketika kosmetik mulai di produksi secara besar-besaran pada awal tahun 1800 madu adalah komponen utamanya. Produk Kecantikan mengandung madu yang paling banyak di pasaran saat ini adalah untuk produk perawatan kulit terutama sabun mandi dan sabun cair krim wajah dan lotion untuk kulit. Sementara itu produk sampingan mengandung madu yang paling pesat perkembangannya adalah perawatan rambut.

 

Rambut berkilau

 

- Kerontokan rambut

Orang yang mengalami kerontokan rambut atau kebotakan dapat memakai campuran minyak zaitun panas, 1 sdm madu dan 1 sdt bubuk kayu manis sebelum mandi oleskan di kepala dan diamkan selama kira-kira 5-15 menit setelah itu baru dibilas.

- Kondisioner rambut

Campur 1/2 gelas madu dan 1/4 gelas minyak zaitun (gunakan 2 sdm minyak untuk jenis rambut normal) olesi rambut dengan campuran madu dan minyak zaitun sebentar sampai merata. Tutup rambut menggunakan tutup kepala biarkan selama 30 menit buka tutup kepala keramas rambut sampai bersih dan kering.

- Pembilas rambut

Aduk 1 sdt madu di dalam 4 gelas air hangat setelah keramas bilas rambut memakai larutan madu dan air tersebut rambut jangan sampai di bilas lagi lalu keringkan rambut.

- Penyubur rambut

Campur madu dengan minyak zaitun dalam jumlah yang sama. Oleskan pada rambut serta kulit kepala tutup kepala dengan handuk hangat selama setengah jam kemudian cuci dengan shampo hingga bersih madu dapat memberi nutrisi bagi rambut dan kulit kepala.

- Rambut berkilau

Untuk membuat rambut berkilau peras 1 buah jeruk nipis ambil airnya lalu campur dengan 1 sdm madu dan sedikit air hangat bilas rambut dengan shampo seperti biasa lalu tuangkan campuran tadi pada rambut keringkan rambut dengan cara biasa.

 

Kulit bersih berseri

 

- Kulit bersih

Tradisi di Cina membiasakan kaum perempuan melumuri kulit tubuh dengan campuran madu dan biji jeruk yang ditumbuk halus cara ini membuat kulit tubuh bersih tanpa noda.

- Losion penghalus kulit

Campur 1 sdt madu dengan 1 sdt minyak kelapa dan 1/4 sdt perasan jeruk lemon lumuri tangan siku tumit dan bagaian lain yang kering biarkan selama 10 menit cuci bersih dengan air.

- Menghaluskan kulit tubuh

Campur 1 1/4 cangkir susu full cream, 1/2 cangkir madu murni dan beberapa tetes minyak esen mawar sebagai pewangi dalam wadah keramik. Aduk rata masukkan campuran tersebut ke dalam bathtub berisi air hangat berendamlah setidaknya 15 menit.

- Cantik ala bintang hollywood dengan madu

Mengikuti jejak Cleopatra, Jenifer Lopes melakukan perawatan kecantikan alami dengan madu. Begitu pula dengan Halle Berry dan Ricky Martin ahli kecantikan selebritis papan atas bintang Hollywood, Christopher Watt menyatakan “Madu adalah perawatan kecantikan murah meriah yang membuahkan hasil seperti perawatan spa” Watt menyatakan penggunaan 100% madu untuk perawatan rutin kecantikan. Dalam situsnya Christopher Watt bersama Badan Madu Nasional Amerika berbagai resep kecantikan untuk mempertahankan kulit dari sengatan sinar matahari akibat berjemur sekaligus sebagai perawatan sehari-hari.

Aloha Honey Hawaiian Delight @ C. Watt
Bahan :
- 2 sdm teh hijau
- 1/2 buah pepaya matang
- 1/2 gelas irisan nanas segar
- 2 sdm madu

Cara membuat :
Larutkan teh dalam air mendidih lalu dinginkankupas pepaya buang bijinya blender pepaya dan nanas keluarkan pepaya dan nanas dari blender masukkan ke wadah lalu campurt dengan air teh hijau dan madu. Aduk rata gunakan untuk masker wajah selama 10-15 menit bersihkan dengan air atau tisu wajah. Sisanya simpan dalam wadah tertutup di lemari es bisa tahan sampai 1 minggu.

Manfaat : pengelupasan kulit, menghidrasi dan meremajakan kulit.

Honey-Kissed Lip Balm @ Badan Madu Nasional Amerika
Bahan :
- 1 gelas minyak almond
- 1/2 cup madu lilin
- 2 sdm madu

Cara membuat :
Taruh minyak almond dan madu lilin dalam wadah tahan panas (untuk microwave). Panggang dalam wadah microwave selama 1 menit atau sampai campuran meleleh keluarkan dari microwave tambahkan madu aduk rata. Dinginkan setelah dingin simpan dalam sebuah wadah gunakan langsung pada bibir sebagai pelembab atau gunakan setelah memakai lipstik agar lebih mengkilap.

Manfaat : Melembapkan bibir

Scrub Cokelate Madu Sweetheart @ C. Watt
Bahan :
- 2 gelas madu
- 1/2 gelas minyak biji anggur
- 6 sdm cokelat pahit (potong-potong)
- 2 gelas garam kosher

Cara membuat :
Didalam wadah plastik campur madu dan minyak biji anggur aduk campuran tadi bersama potongan cokelat dengan garam kosher sampai rata. Oleskan pada kulit tubuh sampil pijat lembut bersihkan dengan handuk hangat atau bilas dengan air hangat.

Manfaat : Maningkatkan sirkulasi dan membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Madu memiliki efek melembapkan kulit dan menangkal radikal bebas pada kulit.

Untuk selengkapnya anda dapat melihat di Manfaat madu bagi kesehatan dan Manfaat madu untuk kecantikan. Semoga apa yang kami bahas kali ini dapat bermanfaat bagi anda.

Tagged as: manfaat madu untuk rambut . khasiat madu untuk rambut . Manfaat madu bagi rambut . kegunaan madu untuk rambut .

2 comments on “Manfaat madu untuk wajah dan rambut

  1. Mariana March 11, 2012 2:51 am

    Klo jerat boleh gak d hlangkan pke madu,sma kecilkan pori2,please help me

  2. fina April 16, 2012 10:26 am

    g’mana carax menghilangkan jerawat dn bekas2nya dngn menggunakan madu??
    tolong tips dn saranx..
    makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.


five × 9 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>