Mengenal kerajaan kutai

Mengenal kerajaan kutai – Berdasarkan sumber-sumber sejarah yang ditemukan, Kerajaan Kutai berkembang di tepi Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Kerajaan Kutai berdiri sekitar abad ke-5 Masehi (antara 400 M sampai 500 M). Sumber sejarah Kerajaan Kutai adalah prasasti yang berbentuk yupa. Yupa adalah tugu batu tertulis. Biasanya tugu batu ini digunakan sebagai tempat mengikat hewan kurban, yang akan di persembahkan kepada para dewa.

Prasasti yang ditemukan berjumlah tujuh buah. Namun, semuanya belum berhasil terbaca dengan baik. Prasasti-prasasti tersebut menggunakan huruf Pallawa dan bahasa Sansekerta. Prasasti ini disebut Prasasti Muara Kaman, karena ditemukan di daerah Muara Kaman. Disebut juga Prasasti Mulawarman, karena dibuat oleh Raja Mulawarman.

Berdasarkan prasasti itu, kita memperoleh keterangan bahwa Kudugga adalah nama asli Indonesia dan belum terpengaruh oleh budaya Hindu. Nama Aswawarman dan Mulawarman adalah nama-nama yang telah terpengaruh oleh budaya Hindu. Nama tersebut menggunakan bahasa Sansekerta dengan huruf Pallawa. Untuk itu, dapat disimpulkan bahwa pembentuk keluarga (dinasti) adalah Aswawarman, bukan Kudugga.

Dari uraian tersebut diketahui bahwa agama Hindu masuk ke Kutai berasal dari India Selatan. Buktinya adalah, Prasasti Yupa dengan huruf Pallawa berasal dari kerajaan Pallawa, India Selatan. Penggunaan nama berakhiran warman adalah suatu kebiasaan yang digunakan di India Selatan.

Agama yang di anut oleh Raja Mulawarman adalah agama Hindu Syiwa. Hal ini terbukti pada salah satu prasastinya yang tertulis, bahwa Raja Mulawarman memberikan hadiah berupa 1000 ekor lembu kepada para Brahmana di suatu tempat yang disebut Waprakeswara. Tempat itu adalah tempat suci untuk memuja Dewa Syiwa.

Dari keterangan ini dapat disimpulkan, bahwa Raja Mulawarman adalah seorang raja besar yang sangat mulia dan baik budinya. Oleh karena itu, ia dianggap sebagai raja yang terbesar. Dengan demikian, jelaslah bahwa pada masa itu lalu lintas perdagangan dari India juga melalui Selat Makasar, lalu menuju Filipina, dan akhirnya ke negeri Cina. Perkembangan selanjutnya tentang Kerajaaan Kutai tidak dapat diketahui dengan pasti, sebab selain ke-7 prasasti tersebut, berita tertulis lainnya tidak ada atau mungkin belum di temukan.

Tagged as: bukti bahwa agama hindu yang masuk ke kutai berasal dari india selatan . prasasti muara kaman disebut juga prasasti mulawarman karena . sumber sejarah kerajaan kutai . prasasti muarakaman disebut juga prasasti mulawarman karena .

Leave a Reply

Your email address will not be published.


four + 2 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>