Menu makanan sehat sehari-hari

Menu makanan sehat sehari-hari – Makanan merupakan sumber energi sekaligus sumber dari vitamin, mineral, dan unsur-unsur lainnya yang membuat tubuh kita menjadi sehat. Namun tidak semua jenis makanan merupakan sumber untuk kesehatan tubuh kita sehari-hari. Terdapat banyak makanan yang dapat merugikan tubuh kita, untuk itu kita harus pandai-pandai memilih menu makanan yang sehat bagi kita sekaligus bagi keluarga tercinta. Berikut akan kami bahas menu makanan sehat dalam sehari-hari.

Karbohidrat

Hal pertama yang harus anda perhatikan dari makanan adalah karbohidrat, sebab karbohidrat termasuk sumber energi untuk aktivitas kita sehari-hari. Sebaiknya untuk menu sarapan pagi terdapat karbohidrat, namun jangan berlebihan saat sarapan pagi. Sebab kelebihan karbohidrat pada pagi hari akan menyebabkan badan terasa lemas dan membuat kantuk. Untuk itu, sebaiknya makanlah roti yang mengandung karbohidrat cukup sekaligus kebutuhan vitamin, mineral dan lainnya terpenuhi. Selain itu, untuk menu makan siang sebaiknya kebutuhan karbohidrat harus tercukupi, sebab pada siang hari tubuh akan membutuhkan energi yang cukup banyak untuk beraktivitas.

Kalori

Anda juga harus menentukan kebutuhan kalori yang seimbang bagi tubuh anda. Namun, kebutuhan kalori setiap orang berbeda tergantung dari jenis usia, kelamin serta aktivitas hariannya. Pada kelompok perempuan rata-rata membutuhkan kalori dalam sehari sekitar 1500-1800. Ketika sedang menurunkan berat badan, kebutuhan kalori ini dapat dikurangi menjadi sekitar 1300 kalori per hari, tergantung dari kebutuhan tubuh. Jika tubuh kekurangan asupan kalori, metabolisme dalam tubuh akan terganggu, dan membuat tubuh menjadi lemas dan tak bertenaga.

Vitamin

Manfaat vitamin bagi tubuh kita sangat banyak sekali. Walaupun banyak orang mengkonsumsi suplemen vitamin, tetapi adakalanya sebaiknya kita beralih untuk mengubah menu makanan kita menjadi sumber vitamin bagi tubuh kita. Terdapat banyak jenis vitamin, mulai dari Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Vitamin D, Vitamin E, Vitamin K (niasin, tiamin, asam pantotenat, riboflavin, biotin, folat, vitamin B6 dan vitamin B12). Untuk itu tubuh harus mendapatkan vitamin dari makanan yang kita konsumsi. Vitamin juga merupakan antioksidan yang cukup baik bagi tubuh kita dalam menangkal radikal bebas dan lain sebagainya.

Mineral

Kebutuhan mineral sangat penting bagi tubuh kita terutama pada masa pertumbuhan anak. Sebaiknya konsumsi makanan atau minuman yang mengandung unsur mineral agar pertumbuhannya maksimal. Ada beberapa jenis mineral yang wajib kita ketahui, diantaranya yaitu: Besi, Magnesium, Zinc (seng), Kalsium, Selenium, Kalium, Natrium dan Klorida, dan mineral lainnya.

Mineral dapat kita dibedakan menurut jumlah kebutuhan tubuh Anda. Mineral mayor (utama) merupakan mineral yang kita butuhkan lebih dari 100 mg/hari, sedangkan mineral minor (trace elements) Merupakan mineral yang kita butuhkan kurang dari 100 mg/hari. natrium, kalium, Kalsium, tembaga, klorida dan fosfor merupakan contoh mineral mayor (utama), sedangkan selenium, kromium, flor, magnesium, yodium, zinc, mangan dan besi merupakan contoh mineral minor (trace elements). Pembedaan jenis mineral tersebut hanya berdasarkan jumlah yang diperlukan dalam kebutuhan sehari-hari, bukan kepentingan. Mineral minor tidak kalah penting dibandingkan mineral utama. Kekurangan mineral minor akan menyebabkan masalah kesehatan yang juga serius.

Tagged as: menu makanan sehat . menu sehat sehari hari . menu makanan sehat sehari hari . menu makanan sehari hari .

2 comments on “Menu makanan sehat sehari-hari

  1. Camilla April 11, 2012 6:36 am

    selain menu makanan sehat harus di imbangi dengan olah raga juga kan…?

  2. Maman December 7, 2012 6:00 am

    Info yang sangat berguna. Mantap Gan!

Leave a Reply

Your email address will not be published.


4 − two =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>