Organisme autotrof

Organisme autotrof – Pernahkah kalian mengamati atau memperhatikan perikehidupan rumput, tanaman jagung, tanaman padi, atau tumbuhan hijau lainnya di sekitar kalian? Apakah tumbuhan tersebut perlu makan? Seperti halnya manusia, tumbuhan yang berhijau daun pun memerlukan makanan. Bedanya dengan manusia atau hewan, tumbuhan hijau dapat menyusun zat makanannya sendiri.

Tumbuhan yang mampu menyusun zat makanan sendiri disebut tumbuhan autotrof. Untuk menyusun zat makanannya, tumbuhan memerlukan energi. Berdasarkan energi yang digunakan, organisme autotrof dapat dibedakan menjadi dua, yaitu yang menggunakan energi cahaya matahari dan yang menggunakan energi kimia. Organisme autotrof yang menggunakan energi matahari disebut fotoautotrof. Yang menggunakan energi kimia disebut kemoautotrof.

Contoh organisme fotoautotrof adalah tumbuhan hijau dan contoh organisme kemoautotrof adalah beberapa jenis bakteri tertentu, misalnya bakteri zat lemas dan bakteri belerang. Bagaimana tumbuhan hijau menyusun zat makanan yang berupa karbohidrat? Untuk menyusun makanan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, yaitu tersedia klorofil, cahaya matahari, air, dan karbon dioksida.

Klorofil

Klorofil merupakan bagian sel tumbuhan yang mampu melaksanakan tugas menangkap dan mengubah energi cahaya menjadi energi kimia. Dengan demikian, klorofil merupakan tempat berlangsungnya proses penyusunan zat makanan.

Cahaya matahari

Langsung atau tidak langsung, cahaya matahari merupakan sumber energi bagi semua kehidupan yang berada di permukaan bumi. Oleh karena itu, energi cahaya matahari sering disebut energi primer. Hanya organisme yang berklorofillah yang mampu mengubah energi cahaya matahari menjadi energi yang dapat digunakan oleh makhluk hidup.

Air dan Karbon Dioksida

Air dan karbon diokasida merupakan bahan untuk membentuk zat makanan. Air diserap oleh ujung akar dari dalam tanah, sedangkan karbon dioksida (CO2) merupakan sumber unsur karbon atau C yang diserap dari udara bebas. Proses penyusunan zat makanan (senyawa organik) dengan menggunakan energi cahaya matahari disebut fotosintesis. Bagaimana fotosintesis berlangsung?

Daun merupakan bagian tubuh tumbuhan yang paling banyak mengandung klorofil. Pada bagian itulah fotosintesis berlangsung. Air yang diserap dari dalam tanah oleh akar diangkut menuju daun. Karbon dioksida diserap dari udara oleh mulut daun. Melalui proses yang rumit, kedua zat tersebut diubah menjadi senyawa karbohidrat, yaitu glukosa yang seterusnya diubah menjadi zat tepung atau amilum. Dalam proses tersebut dibebaskan sejumlah oksigen yang merupakan hasil penguraian dari air. Secara sederhana, persamaan reaksi kimia fotosintesis adalah sebagai berikut.

Glukosa yang dihasilkan oleh produsen tersebut sebagaian untuk bahan respirasi dan sebagian lagi disimpan sebagai bahan makanan cadangan yang berupa amilum atau zat tepung atau pati.

Tagged as: organisme autotrof . contoh organisme autotrof . contoh autotrof . organisme fotoautotrof .

2 comments on “Organisme autotrof

  1. koji March 20, 2012 10:08 am

    kurng penjelasan

  2. laelatulfahmi April 25, 2013 12:01 pm

    bahasanya mudah di mengerti, penjelasannya simple tapi mengena banget.. cocok seperti yg saya inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


− three = 5

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>