Penanggulangan pencemaran air

Penanggulangan pencemaran air – Tanpa air sulit dibayangkan adanya kelestarian kehidupan. Oleh karena itu usaha menjaga dan menjamin ketersediaan air dalam arti luas baik dalam hal kuantitas maupun kualitas (mutu) merupakan usaha yang sangat penting. Berkaitan dengan hal tersebut maka segala bentuk usaha yang bersifat terpadu dan berpotensial menimbulkan pencemaran perlu mendapat perhatian yang serius. Misalnya industri-industri yang berpotensi menghasilkan limbah seperti industri kosmetik, logam, cat harus memenuhi persyaratan AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan), pemberian pupuk dan pestisida ataupun pemberian pakan untuk perikanan dalam air deras atau karamba harus sesuai takaran.

Usaha mengatasi bahaya pencemaran air dapat pula dilakukan dengan menggunakan tumbuh-tumbuhan. Beberapa jenis tumbuhan yang diketahui mampu membantu menanggulangi pencemaran yaitu enceng gondok (Euchornia crassipes) dan bakau (famili Rhozophoraceae). Enceng gondok pada batas tertentu diketahui mampu mengurangi akibat pencemaran oleh logam berat misalnya raksa (merkuri). Tanaman bakau atau sebagian besar anggota famili Rhozophoraceae diketahui mampu mengurangi resapan air asin dari laut ke darat. Bentuk usaha penanggulangan pencemaran air lainnya yaitu pembangunan tempat-tempat penjernihan air dan pembuatan alat penyaring yang bertujuan memperoleh air bermutu baik untuk keperluan rumah tangga. Teknik penyaringan dengan menggunakan alat-alat seperti ini semakin lama semakin rumit disesuaikan dengan makin tingginya tingkat dan sifat pencemaran.

Langkah masyarakat dalam penanggulangan pencemaran air

  • Sadar akan kelangsungan ketersediaan air dengan tidak merusak atau mengeksploitasi sumber mata air agar tidak tercemar.
  • Tidak membuang sampah ke sungai.
  • Mengurangi intensitas limbah rumah tangga.
  • Melakukan penyaringan limbah pabrik sehingga limbah yang nantinya bersatu dengan air sungai bukanlah limbah jahat perusak ekosistem.
  • Pembuatan sanitasi yang benar dan bersih agar sumber-sumber air bersih lainnya tidak tercemar.

Beberapa cara penanggulangan pencemaran air

1. Program Pengendalian Pencemaran dan Pengrusakan Lingkungan
• Mengurangi beban pencemaran badan air oleh industri dan domestik.
• Mengurangi beban emisi dari kendaraan bermotor dan industri.
• Mengawasi pemanfaatan B3 dan pembuangan limbah B3.
• Mengembangkan produksi yang lebih bersih (cleaner production) dan EPCM (Environmental Pollution Control Manager).
2. Program Rehabilitasi dan Konservasi SDA dan Lingkungan Hidup
• Mengoptimalkan pelaksanaan rehabilitasi lahan kritis.
• Menanggulangi kerusakan lahan bekas pertambangan, TPA, dan bencana.
• Meningkatkan konservasi air bawah tanah.
• Rehabilitasi dan konservasi keanekaragaman hayati.

Tagged as: penanggulangan pencemaran air . cara menanggulangi pencemaran air . cara mengatasi pencemaran air . cara penanggulangan pencemaran air .

One comment on “Penanggulangan pencemaran air

  1. patricia April 15, 2012 12:23 pm

    makasih info nya :D

Leave a Reply

Your email address will not be published.


five − 4 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>