Pengertian BUMN

Pengertian BUMN – Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merupakan badan usaha yang dimiliki oleh negara. BUMN didirikan negara, dalam hal ini pemerintah, untuk mengelola aset (kekayaan) negara yang menguasai hajat hidup orang banyak. Misalnya bumi, air, dan kekayaan yang terkandung di dalam bumi dikelola negara untuk kepentingan rakyat banyak. Jadi, BUMN dapat di artikan sebagai badan usaha yang modalnya dikuasai oleh negara. Dengan demikian, sebagian besar saham/asetnya dimiliki negara. Dalam pelaksanaannya, BUMN dikelola berdasarkan kebijakan departemen terkait sesuai bidang yang menjadi hajat negara. Misalnya listrik, gas, dan telekomunikasi. BUMN ini didirikan berdasarkan pasal 33 atau (2) UUD 1945.

Pasal 33 ayat (2) berbunyi, “Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara”. Pasal tersebut dapat dijelaskan bahwa negara berhak mengelola kegiatan produksi yang menguasai hajat hidup orang banyak. Pengelolaannya memiliki tujuan untuk pemerataan kesejahteraan masyarakat. Akhirnya, masyarakat bisa menikmati barang dan jasa yang menunjang kehidupannya.

Keterlibatan pemerintah dalam kegiatan ekonomi nasional tetap diperlukan. Oleh karena itu, pemerintah harus mendukung keberadaan BUMN, terutama yang berkaitan dengan kepentingan publik (umum). BUMN yang berorientasi pada keuntungan, kepemilikannya dapat dialihkan secara bertahap ke swasta, terutama melalui pasar modal. Akhirnya, BUMN dapat berubah menjadi perusahaan terbuka (Tbk.). Telah diuraikan sebelumnya bahwa BUMN merupakan badan usaha yang seluruh atau sebagian modalnya dikuasai oleh negara.

Nah, berdasarkan hal tersebut, BUMN memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
- Pemerintah berwenang menetapkan kebijakan badan usaha.
- Pemerintah sebagai pemegang modal terbesar dalam badan usaha.
- Pengawasan operasional usaha dilakukan oleh operator negara yang berwenang.
- BUMN bertugas memberikan pelayanan publik selain untuk mencari keuntungan.
- BUMN berperan sebagai perintis kegiatan-kegiatan usaha di masyarakat.

Selama ini kita mengenal berbagai BUMN yang bergerak di bidang-bidang ekonomi penting dan menyangkut hajat hidup orang banyak. Pasti kamu telah mengetahui tentang PLN, Pertamina, BRI, maupun Telkom, bukan? Mungkin hanya sedikit yang dapat kami sampaikan. Terimakasih atas kunjungan anda, semoga dapat bermanfaat untuk semuanya, Amin.

Tagged as: PENGERTIAN BUMN .

One comment on “Pengertian BUMN

  1. Djordje June 17, 2012 2:47 pm

    Mengapa definisi paylaanan publik yang di tulis itu cakupan dari KEPMENPAN semuanya. apakah tidak ada lagi yang bisa mengartikannya ke dalam bahasa sehari- hari agar orang awam bisa mengetahuinya dengan jelas.karena jika jelas bagi masyarakat kecil, mereka akan semakin paham arti pelayanan publik yang berhak mereka terima dari Pemerintah, dll.singkat kata menurut saya, Pelayanan Publik itu adalahsuatu proses pelayanan yang di selenggarakan oleh penyelenggaraan pelayanan publik kepada masyarakat mulai dari seseorang di lahirkan sampai seseorang mati.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


− six = 3

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>