Pengertian curah hujan

Pengertian curah hujan – Curah hujan yaitu jumlah air hujan yang turun pada suatu daerah dalam waktu tertentu. Serta alat untuk mengukur banyaknya curah hujan disebut Rain Gauge. Curah hujan diukur dalam jumlah harian, bulanan, dan tahunan. Curah hujan yang jatuh di satu daerah di Indonesia dipengaruhi oleh faktor-faktor sebagai berikut.


 

Faktor Curah Hujan

- Bentuk medan/topografi. Relief daratan Indonesia tidak homogen. Adanya medan yang berbukit-bukit dan bergunung-gunung akan menyebabkan angin yang membawa uap air naik. Makin ke atas suhunya makin turun sehingga terjadi kondensasi dan menimbulkan hujan orografis.
- Arah lereng medan. Faktor ini sebenarnya berkaitan dengan faktor bentuk medan. Pada lereng pegunungan yang menghadap ke arah angin banyak terjadi hujan, sebaliknya pada lereng pegunungan yang membelakangi arah angin merupakan daerah bayang-bayang hujan. Itulah sebabnya kota Bandung dan Palu memiliki curah hujan yang sedikit, karena kedua kota tersebut terletak di daerah bayang-bayang hujan.
- Arah angin yang sejajar dengan garis pantai. Faktor ini menyebabkan suhu yang konstan sehingga curah hujan sedikit/rendah. Contoh: Pantai Utara Pulau Jawa, Pulau Madura, Pantai Barat Pulau Bali.
- Jarak perjalanan angin di atas medan datar. Angin yang berasal dari daerah perairan menuju ke daratan pada umumnya dapat menimbulkan hujan. Jika dataran yang dilewati angin itu lebar, sedangkan sifat permukaannya tidak berubah maka pada kawasan sekitar pantai kemungkinan akan terjadi hujan, tetapi di daerah pedalama tidak tidak terjadi hujan. Kemungkinan hujan akan turun lagi apabila medannya mulai naik. Sebaliknya, jika uap air yang dibawa angin dari daerah perairan belum cukup menimbulkan hujan di kawasan pantai maka di daerah pedalaman kemungkinan akan terjadi hujan. Peristiwa demikian sering terjadi pada kawasan Jakarta, Cibinong, dan Bogor. Pada bulan Januari-Februari hujan turun di Jakarta dan Bogor, sedangkan di Cibinong udara ceras. Sebaliknya, pada bulan April-Mei Jakarta dan Bogor cerah, tetapi di Cibinong terjadi hujan.
 

Macam-macam Hujan

Hujan adalah butiran-butiran air yang dicurahkan dari atmosfer turun ke permukaan bumi. Sedangkan garis yang menghubungkan tempat-tempat di peta yang mendapat curah hujan yang sama disebut isohyet. Kita dapat menggolongkan macam hujan berdasarkan butiran yang dicurahkan dan asal terjadinya.

a. Berdasarkan butiran-butiran yang dicurahkan hujan dapat dibedakan menjadi empat macam.
- Hujan gerimis atau drizzle. hujan gerimis mempunyai diameter butiran-butiran kurang dari 0,5 mm.
- Hujan salju atau snow. Hujan salju terdiri dari kristal-kristal es yang temperatur udaranya berada di bawah titik beku.
- Hujan batu es. Hujan batu es berbentuk curahan es yang turun di dalam cuaca panas dari awan yang temperaturnya di bawah titik beku.
- Hujan deras atau rain. Hujan deras yaitu curahan air yang turun dari awan yang temperaturnya di atas titik beku dan besaran butir sebesar 7 mm.

b. Berdasarkan asal terjadinya, hujan dapat dibedakan menjadi empat macam.
- Hujan front. Hujan ini adalah hujan yang terjadi karena pertemuan dua jenis udara yang berbeda temperatur, yakni udara panas/lembap dengan udara dingin sehingga berkondensasi dan turun hujan.
- Hujan buatan. Hujan buatan dibuat dengan merangsang awan dengan garam-garam hingga uap air di udara dengan ketinggian 3.000 kaki lebih cepat berkondensasi menjadi air dan turun sebagai hujan.
- Hujan konveksi atau hujan zenith. Hujan konveksi terjadi oleh arus konveksi yang menyebabkan uap air di ekuator naik secara bertikal, karena pemanasan air laut terus menerus mengalami kondensasi dan turun sebagai hujan.
- Hujan orografi atau hujan gunung. Hujan orografi terjadi dari udara yang mengandung uap air dipaksa oleh angin mendaki lereng pegunungan, berkondensasi dan turun sebagai hujan.

Tagged as: curah hujan . pengertian curah hujan . curah hujan adalah . definisi curah hujan .

One comment on “Pengertian curah hujan

  1. Faris January 20, 2013 4:36 am

    agan namanya siapa? mau dikutip nih

Leave a Reply

Your email address will not be published.


seven + 5 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>