Pengertian hutan

Pengertian hutan – Dalam berbagai literatur terdapat beberapa pengertian/definisi hutan. Namun pada dasarnya semua mempunyai maksud yang sama. Definisi tersebut di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Berdasarkan kamus besar bahasa indonesia disebutkan bahwa hutan adalah tanah yang ditumbuhi pohon-pohon dan biasanya tidak dipelihara orang.

2. Menurut Undang-Undang Nomor 5 tahun 1967 tentang Ketentuan Pokok Kehutanan disebutkan bahwa hutan adalah suatu lapangan tetumbuhan pohon-pohonan yang secara keseluruhan merupakan persekutuan hidup alam hayati beserta alam lingkungan hayati beserta alam lingkungannya dan ditetapkan oleh pemerintah sebagai hutan.

3. Menurut penjelasan umum Undang-Undang Nomor 5 tahun 1967 tentang Ketentuan Pokok Kehutanan, hutan diartikan sebagai lapangan yang cukup luas, bertumbuhan kayu, bambu dan atau palem yang bersama-sama dengan tanahnya, beserta segala isinya baik nabati maupun hewani, secara keseluruhan merupakan persekutuan hidup yang mempunyai kemampuan untuk memberikan manfaat-manfaat produksi, perlindungan dan manfaat-manfaat lainnya secara lestari.

4. Menurut Undang-Undang Nomor 41 tahun 1999 tentang kehutanan yang mana sebagai pengganti Undang-Undang Nomor 5 tahun 1967, hutan adalah suatu kesatuan ekosistem berupa hamparan lahan berisi sumber daya alam hayati yang didominasi pepohonan dalam persekutuan alam lingkungannya, yang satu dengan lainnya tidak dapat dipisahkan.

Sedangkan pengertian kawasan hutan menurut UU. No 41 tahun 1999 adalah wilayah tertentu yang ditunjuk dan atau ditetapkan oleh pemerintah untuk dipertahankan keberadaannya sebagai hutan tetap.

Kawasan hutan bisa juga didefinisikan sebagai wilayah yang sudah berhutan atau yang tidak berhutan namun telah ditetapkan untuk dijadikan hutan. kawasan ini telah ditetapkan untuk kegiatan bidang kehutanan. Luasnya minimal seperempat hektar yang telah mencangkap suatu keseimbangan persekutuan hidup, sehingga mampu menyumbangkan peranan sebagai hutan, yaitu menghasilkan manfaat produksi, perlindungan satwa dan tumbuhan, pengaruh terhadap iklim dan pengaturan tata air.

Unsur-unsur dalam hutan terdiri dari :

  • Lapangan yang cukup luas (minimal 1/4 hektar).
  • Adanya tumbuh-tumbuhan, hewan dan mikro organisme baik berupa mamalia, reptilia, amphibi, lumut, jamur, serangga maupun dari jenis burung.
  • Penetapan pemerintah, penguasa atau pihak yang berwenang bahwa lahan itu adalah hutan.
  • Adanya lingkungan hutan dan hubungan interaktif masing-masing makhluk penghuninya.

Hubungan keseharian antara makhluk hidup dalam hutan dan interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya telah menciptakan suatu komunitas hutan yang saling terkait.

Tagged as: pengertian hutan . pengertian kawasan hutan . definisi hutan . tentang hutan .

One comment on “Pengertian hutan

  1. Charissa Cici December 15, 2012 4:12 am

    thanks artikel disini bantu aku banget selesaikan assigment
    thank you very much y

Leave a Reply

Your email address will not be published.


4 − = three

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>