Pengertian internet

Pengertian internet – Internet pasti sudah akrab dalam kehidupan kita sehari-hari. Bahkan, beberapa di antara kita sudah mulai bergantung kepada internet. Kita menggunakan internet untuk mengirimkan email, chatting dengan teman kita, mencari informasi, dan sebagainya. Kali ini kita akan membahas lebih jauh tentang internet yang dapat kita manfaatkan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Internet merupakan singkatan dari Interconnected Network. Jika diterjemahkan secara langsung berarti jaringan yang saling terhubung. Internet adalah kumpulan komputer yang terhubung satu dengan yang lain dalam sebuah jaringan. Disebut jaringan yang saling terhubung karena internet menghubungkan komputer dan jaringan-jaringan komputer yang ada di seluruh dunia menjadi sebuah jaringan komputer yang sangat besar. Saat ini diperkirakan ratusan ribu jaringan lokal yang terhubung ke internet.

Karena merupakan sebuah jaringan, maka sebuah komputer yang terhubung ke internet berarti terhubung dengan semua komputer di seluruh dunia yang juga terhubung ke internet. Semua komputer yang terhubung ke internet dapat mengakses semua informasi yang terdapat di internet secara gratis.

Internet merupakan sebuah dunia yang tidak mempunyai penguasa. Artinya, semua orang mempunyai hak yang sama di internet. Karena itu, internet merupakan dunia yang bebas dimasuki tanpa harus terikat pada peraturan-peraturan negara tertentu dan tanpa dibatasi oleh batas-batas wilayah teritorial negara tertentu.

Ada dua peranan internet yang sangat penting, yakni: Sebagai sumber data dan informasi, dan sarana pertukaran data dan informasi. Sebagai sumber informasi, internet menyimpan berbagai jenis informasi dalam jumlah yang tidak terbatas. Kita dapat mengakses informasi apa pun di internet. Bahkan, jika ingin, kita juga dapat menempatkan informasi yang kita miliki di internet agar dapat di akses oleh orang lain.

Internet dapat digunakan sebagai sarana pertukaran informasi dari satu komputer ke komputer lain, tanpa di batasi oleh jarak fisik kedua konputer tersebut. Dua komputer yang sama-sama terhubung ke internet dapat saling berkomunikasi satu sama lain, atau mempertukarkan data dan informasi. Akses dan pertukaran informasi tersebut dilakukan dalam waktu yang sangat cepat.

Internet manjadi salah satu pemicu terjadinya globalisasi karena telah menghilangkan batas-batas dunia. Internet memungkinkan kita dapat mengakses informasi yang tersimpan di komputer di belahan dunia lain. Internet telah membuat dua orang dari belahan Bumi yang berbeda dapat berkomunikasi tanpa dibatasi oleh batas-batas negara, waktu, jarak, dan hukum atau birokrasi suatu negara.

Tagged as: mengapa internet disebut dunia tanpa penguasa . mengapa internet dikatakan sebagai pemicu terjadinya globalisasi .

One comment on “Pengertian internet

  1. mebel indonesia April 11, 2012 2:45 am

    internet sudah menjadi hal yang sangat penting.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


six × = 48

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>