Pengertian ISP

Pengertian ISP – Koneksi ke internet membutuhkan infrastruktur yang sangat mahal. Karena itu, tidak mungkin dibangun oleh pengguna perorangan. Kemudian berdirilah persahaan-perusahaan yang menginvestasikan dananya untuk mengembangkan infrastruktur tersebut. Perusahaan tersebut menjual jasa layanan koneksi ke internet. Perusahaan jasa layanan koneksi ke internet disebut dengan ISP (Internet Service Provider).

Karena itu, jika ingin menghubungkan komputer kita ke internet, kita harus menghubungkan komputer kita ke sebuah ISP tertentu. ISP tersebut merupakan penghubung ke internet. Kemudian kita akan dikenakan biaya atas jasa layanan yang diberikan oleh ISP yang kita gunakan.

Saat ini ada banyak perusahaan jasa layanan Internet (ISP) yang ada di Indonesia. ISP-ISP di Indonesia tergabung dalam Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). Jumlah ISP akan terus bertambah seiring dengan perkembangan jumlah pengguna internet di tanah air.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah memungkinkan kita untuk melakukan koneksi ke internet dengan berbagai pilihan koneksi. ISP-ISP yang ada saat ini menawarkan layanan koneksi ke internet yang berbeda-beda. Karenanya, sebelum memilih ISP yang ingin digunakan, terlebih dahulu kita harus memilih jenis koneksi yang ingin digunakan. Kemduian kita pilih ISP yang memberikan layanan terbaik dan cocok bagi kita, sesuai dengan jenis koneksi yang dipilih.

Ada beberapa kriteria yang dapat digunakan untuk memilih sebuah ISP. Kriteria-kriteria tersebut, antara lain sebagai berikut.

- Kecepatan transfer data
Dalam perpindahan data dari satu komputer di internet ke komputer lain dan demikian juga sebaliknya, kecepatan transfer data merupakan hal yang penting. Kecepatan transfer data dari sebuah komputer server di internet ke komputer kita sangat bergantung pada kecepatan transfer data dari provider yang kita gunakan. Satuan kecepatan transfer data adalah byte per second (bps). Artinya, banyak bit data yang dapat dipindahkan dari satu komputer ke komputer lain dalam satu detik.

- Bandwidth
Bandwidth adalah lebar saluran data yang dilewati secara bersama-samaan oleh data-data yang ditransfer. Bandwidth dapat diibaratkan sebuah jalan raya yang dilewati banyak kendaraan (data-data) secara bersamaan. Semakin banyak kendaraan yang lewat maka semakin lambat laju kendaraan. Semakin lebar jalan raya maka semakin banyak kendaraan yang dilewatkan.

- Memiliki server proxy
Server proxy berfungsi untuk menyimpan alamat-alamat favorit pelanggan. Dengan adanya server proxy, pelanggan dapat mengakses website-website favoritnya dengan lebih cepat. Hal ini disebabkan server tersebut menyimpan halaman-halaman web yang sering dikunjungi. Jika pelanggan mengunjungi website favoritnya, pelanggan tidak perlu terhubung langsung dengan server website tersebut. Server proxy akan menghemat penggunaan bandwidth karena pelanggan tidak perlu lagi terkoneksi langsung ke website yang sering dikunjungi.

- Memiliki backbone
Backbone adalah saluran koneksi utama jaringan ISP dengan internet. Pembuatan sebuah backbone memerlukan teknologi yang tinggi dan dana yang besar. Kebanyakan, ISP menyewakan backbone dari perusahaan lain atau menggunakan bersama-sama dengan ISP lain. Pengguna backbone secara bersama-sama dapat menghemat biaya, namun mengurangi kecepatan akses masing-masing ISP.

- Keamanan data
Transaksi internet rawan terhadap pembajakan. Kita perlu tahu apakan sebuah ISP menggunakan Firewall untuk menjamin keamanan transaksi online yang kita lakukan.

- Layanan yang diberikan
Kita juga perlu tahu layanan apa saja yang disediakan oleh ISP. Apakah ISP tersebut memberikan account e-mail? Berapa besar account e-mail yang disediakan? Apakah e-mail tersebut mendukung POP3? Apakah ISP tersebut dilengkapi dengan spam filter? Dan berbagai layanan lain.

- Biaya
Biaya merupakan salah satu pertimbangan untuk memilih sebuah ISP. Kita perlu mengetahui bagaimana sistem pembayaran yang dikenakan oleh sebuah ISP. Apakah sistem pembayaran dilakukan per bulan ataukah sistem pembayaran dikenakan per waktu pemakaian? Beberapa ISP memberikan pilihan pembayaran dengan menggunakan sistem paket. BIasanya, sistem paket akan lebih murah bila dibandingkan dengan sistem pembayaran waktu pemakaian.

- Hardware
Kita juga perlu tahu berapa banyak modem yang dimiliki oleh sebuah ISP, kecepatan modem yang digunakan, dan rasio pelanggan per modem. Hal tersebut perlu kita ketahui karena akan mempengaruhi layanan yang akan kita dapatkan dari ISP tersebut.

- Teknologi yang digunakan
Kita juga perlu tahu teknologi apa saja yang dimiliki oleh sebuah ISP untuk meningkatkan kinerjanya. Beberapa ISP untuk layanan koneksi dial-up menggunakan teknologi kompresi data, yang memungkinkan transfer data menjadi lebih cepat. Sedangkan untuk layanan koneksi internet dengan 3G, beberapa penyedia layanan mengguanak teknologi HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) yang memungkinkan kecepatan akses data hingga 2,6 Mbps.

Tagged as: pengertian isp . pengertian ISP DAN APJII . ISP apa saja yang tergabung dalam APJII . google .

9 comments on “Pengertian ISP

  1. hera April 1, 2012 2:14 pm

    manfaatnya mana ?? BINGUNG WOY

    • admin April 2, 2012 1:54 am

      Maaf sebelumnya,
      kan dari judul sudah terlihat kalo pengertian ISP bukan manfaat’nya gan… :)
      Terimakasih atas kunjungannya.

  2. anastyapurnaningtyas October 17, 2012 3:06 am

    hmmmm mkcihh atas pngetahuanyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

  3. gythaseptianadewi October 17, 2012 3:07 am

    smoga kelancaran pengetahuan,,,smakien mudah,,,

  4. ikanuranjazSari October 17, 2012 3:09 am

    ..embzz… zap”
    icikithirrrr

  5. ReNita Putrii October 21, 2012 7:00 am

    huuuhf
    jadi bingung,

  6. ladika December 3, 2012 1:48 am

    waw lengkap sekali

  7. http://tinyurl.com/paulbyas26546 February 7, 2013 6:07 am

    “Pengertian ISP (Internet Service Provider) | Hidup sehat” really got myself simply
    hooked with your blog! I reallydefinitely will wind up being back even more
    often. Thanks a lot ,Iesha

  8. jasa web murah May 28, 2013 4:05 am

    I’ve been surfing on-line more than three hours lately, yet I by no means found any fascinating article like yours. It’s beautiful price sufficient for me. Personally, if all web owners and bloggers made good content material as you did, the web will be much more helpful than ever before.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


− one = 2

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>