Pengertian kolesterol

pengertian kolesterolPengertian kolesterol – Kolesterol adalah salah satu jenis steroid paling umum dalam tubuh, kebanyakan orang menyebut kolesterol sebagai sesuatu yang sangat buruk. Namun, tahukah anda kolesterol adalah sebuah molekul yang penting bagi tubuh. Kolesterol memiliki peran dalam pembentukan Asam empedu (yang membantu pencernaan lemak), Vitamin D, Progesteron, Estrogen (estradiol, estron, estriol), Androgen (androsteron, testosteron),Hormon mineralocorticoid (aldosterone, -corticosterone) dan Hormon glucocorticoid (kortisol).

Kolesterol adalah senyawa kimia yang secara alami diproduksi oleh tubuh dan struktural kombinasi lipid (lemak) dan steroid. Kolesterol adalah blok bangunan untuk membran sel dan hormon seperti estrogen dan testosteron. Sekitar 80% dari tubuh kolesterol diproduksi oleh hati, sementara sisanya berasal dari diet kita. Sumber utama kolesterol diet adalah daging, unggas, ikan, dan produk susu. Daging organ seperti hati, sangat tinggi kandungan kolesterol, sementara makanan tanaman asal berisi tidak kolesterol. Setelah makan, makanan kolesterol diserap oleh usus dan disimpan di dalam hati. Hati mampu mengatur kadar kolesterol dalam aliran darah dan dapat mengeluarkan kolesterol jika diperlukan oleh tubuh.

Apa itu kolesterol jahat dan kolesterol baik

Kolesterol LDL disebut “kolesterol jahat” , karena kenaikan tingkat kolesterol LDL terkait dengan peningkatan risiko penyakit jantung koroner, stroke dan penyakit arteri perifer. LDL lipoprotein deposito kolesterol bersama dalam dinding arteri, menyebabkan pembentukan zat keras, tebal, yang disebut plakat kolesterol. Seiring waktu, kolesterol plakat menyebabkan diri dinding arteri dan penyempitan arteri, sebuah proses yang disebut aterosklerosis, yang mengurangi aliran darah melalui wilayah menyipit.

Kolesterol HDL disebut “kolesterol baik” karena partikel kolesterol HDL mencegah aterosklerosis dengan mengeluarkan kolesterol dari tembok arteri dan membuang mereka melalui hati. Dengan demikian, tingkat kolesterol LDL yang tinggi dan tingkat rendah kolesterol HDL (tinggi LDL/HDL rasio) adalah faktor risiko untuk aterosklerosis, sementara tingkat rendah kolesterol LDL dan tingkat tinggi kolesterol HDL (rasio LDL/HDL rendah) dibutuhkan untuk melindungi terhadap penyakit jantung dan stroke.

Kolesterol juga diperlukan dalam proses permeabilitas dan fungsi membran sel, membran yang mengelilingi sel.Kolesterol dibawa di dalam aliran darah sebagai lipoprotein. Low-density lipoprotein (LDL) adalah “buruk” kolesterol karena kenaikan tingkat LDL dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung arteri koroner. Sebaliknya, high-density lipoprotein (HDL) kolesterol adalah kolesterol “baik” karena tingkat tinggi HDL dikaitkan dengan less coronary disease.

Setelah menginjak usia lebih dari 20, dianjurkan untuk uji kolesterol setiap lima tahun sekali. Diet lemak jenuh cenderung untuk meningkatkan kadar kolesterol dalam darah sementara diet lemak takjenuh cenderung melakukan sebaliknya, untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. untuk menangani kolesterol tinggi tidak hanya diperlukan diet tetapi juga bergerak secara teratur dalam keseharian ,walaupun terkadang di butuhkan bantuan obat-obatan. baca juga artikel tentang gejala kolesterol tinggi dan cara menurunkan kolesterol

Tagged as: pengertian kolesterol . definisi kolesterol . pengertian kolestrol . tentang kolesterol .

Leave a Reply

Your email address will not be published.


+ six = 7

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>