Pengertian komunikasi data

Pengertian komunikasi data – Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data dari dua komputer yang terhubung dalam sebuah jaringan, baaik jaringan lokal (LAN) maupun jaringan yang lebih luas. Internet merupakan sebuah jaringan komputer yang sangat besar. Ketika kita mengirimkan sebuah data, data yang kita kirimkan tidak langsung sampai di komputer tujuan. Data tersebut harus melalui satu komputer ke komputer yng lain, dari satu jaringan ke jaringan yang lain, sampai akhirnya mencapai komputer yang dituju.

Sebagai contoh ketika kita memasukkan user ID dan password dari account e-mail di YahooMail, maka data user ID dan password yang kita kirimkan tidak langsung sampai di server Yahoo. Data tersebut melainkan harus melalui jaringan komputer di tempat kita, lalu dikirimkan ke komputer ISP langganan kita, kemudian melalui jaringan-jaringan komputer lain di internet, sampai akhirnya tiba di server Yahoo.

Komunikasi data antara dua komputer dapat diibaratkan dengan mengirimkan surat atau paket ke tempat yang jauh. Ketika kita mengirimkan surat atau paket, kita harus menulis nama dan alamat yang jelas. Kita tidak ingin surat atau paket yang kita kirimkan tiba di alamat yang salah dan diterima oleh orang yang salah. Nama yang dituju ditulis untuk mencegah agar surat atau paket kita tidak dibuka oleh orang lain yang mempunyai alamat yang sama dengan orang yang kita tuju. Sedangkan alamat tujuan kita tulis untuk mencegah surat atau paket yang kita kirim tidak tersasar ke alamat yang salah.

Ketika kita mengirimkan data, sama halnya ketika kita mengirimkan surat atau paket, maka kita juga tidak ingin data yang kita kirimkan sampai ke aplikasi dan komputer yang salah. Bila dianalogikan dengan pengiriman surat atau paket, aplikasi dianalogikan dengan orang dan komputer dianalogikan dengan alamat. Seperti sebuah rumah yang ditempati oleh beberapa orang , demikian juga dalam sebuah komputer yang memiliki beberapa aplikasi. Kita tidak ingin data yang kita kirimkan sampai di komputer dan aplikasi yang salah.

Selain masalah alamat dan orang yang dituju, ketika kita mengirimkan surat atau paket, kita tidak ingin surat atau paket yang dikirimkan rusak di tengah jalan. Misalnya saja, kita mengirimkan paket berisi boneka untuk hadiah ulang tahun adik atau teman kita. Tentu saja, kita tidak ingin paket tersebut sampai di tempat tujuan tetapi telinga atau kepala bonekanya sudah hilang. Untuk mencegah hal seperti itu, maka sebelum mengirimkan surat atau paket, kita membungkusnya terlebih dahulu, sehingga surat atau paket tersebut aman dari kerusakan.

Demikian juga dengan pengiriman data, data yang dikirim melalui jaringan dan internet dikirimkan dalam bentuk paket-paket data. Ketika tidak ingin paket-paket tersebut rusak ditengah jalan. Karenanya, sebelum dikirimkan melalui jaringan maka paket-paket tersebut “dibungkus” terlebih dahulu.

Komunikasi data antara dua komputer dilakukan dengan menggunakan protokol-protokol. Protokol adalah aturan-aturan yang membuat dua buah komputer saling mengerti satu dengan yang lain. Protokol dapat juga disebut bahasa komunikasi komputer. Sama halnya dengan kita yang dapat berkomunikasi dengan orang lain jika menggunakan bahasa yang sama, maka komputer juga dapat berkomunikasi satu sama lain jika kedua komputer menggunakan protokol yang sama.

Dalam komunikasi data, komputer menggunakan protokol-protokol komunikasi data. Protokol-protokol tersebut bekerja sama untuk menangani proses pengiriman data. Bentuk dari protokol tersebut dapat berupa perangkat lunak maupun perangkat keras komputer.

Salah satu protokol komunikasi data yang banyak digunakan untuk menangani komunikasi data dalam area yang luas adalah TCP/IP (Transfer Control Protocol/Internet Protocol). TCP/IP merupakan sebuah kumpulan protokol yang bekerja sama untuk menangani proses pengiriman data. Masing-masing protokol mempunyai fungsi dan secara keseluruhan dapat memastikan data yang dikirimkan sampai ke alamat dan aplikasi yang benar serta dalam keadaan tidak rusak.

TCP/IP mempunyai kelebihan, yaitu dapat mengomunikasikan dua buah komputer yang berbeda jenis dan sistem operasi yang digunakan. TCP/IP memungkinkan komunikasi antara komputerc PC dengan Macintosh atau antara sistem operasi Windows dengan Unix atau Linux.

Tagged as: pengertian komunikasi data .

Leave a Reply

Your email address will not be published.


5 − four =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>