Pengertian pneumonia

Pengertian pneumonia – Pneumonia adalah infeksi yang menyebabkan paru-paru meradang. Kantung-kantung kemampuan menyerap oksigen menjadi kurang. Kekurangan oksigen membuat sel-sel tubuh tidak bisa bekerja. Gara-gara inilah, selain penyebaran infeksi ke seluruh tubuh, penderita pneumonia bisa meninggal. American Lung Association misalnya, menyebutkan hingga tahun 1936 pneumonia menjadi penyebab kematian nomor satu di Amerika. Penggunaan antibiotik membuat penyakit ini bisa dikontrol beberapa tahun kemudian. Namun pada tahun 2000 kombinasi pneumonia daan influenza kembali merajalela dan menjadi penyebab kematian ke tujuh di negara itu.

Sebenarnya pneumonia bukan penyakit tunggal. Penyebabnya bisa bermacam-macam dan diketahui ada 30 sumber infeksi, dengan sumber utama bakteri, virus, mikroplasma, jamur, berbagai senyawa kimia maupun partikel. Pneumonia merupakan masalah kesehatan di dunia karena angka kematiannya tinggi, tidak saja di negara berkembang tetapi juga di negara maju seperti Amerika Serikat, Kanada, dan negara-negara Eropa.

Di Amerika Serikat misalnya, terdapat dua juta sampai tiga juta kasus pneumonia per tahun dengan jumlah kematian rata-rata 45.000 orang. Di Indonesia, pneumonia merupakan penyebab kematian nomor tiga setelah kordiovaskuler dan tuberkulosis. Faktor sosial ekonomi yang rendah mempertinggi angka kematian.

Bagaimana Mikroorganisme bisa sampai ke paru-paru?
Perjalanan mikroorganisme bisa sampai ke paru-paru, antara lain melalui:
- Inhalasi (penghirupan) mikroorganisme dari udara yang tercemar.
- Aliran darah dari infeksi di organ tubuh yang lain.
- Migrasi (perpindahan) organisme langsung dari infeksi di dekat paru-paru.

Organ yang rentan (mudah terkena) pneumonia, antara lain:
- Peminum alkohol
- Perokok
- Penderita diabetes millitus
- Penderita gagal jantung
- Penderita penyakit paru obstruktif menahan (PPOK)
- Gangguan sistem kekebalan karena obat tertentu (penderita kanker menerima organ cangkokan)
- Gangguan sistem kekebalan karena penyakit tertentu (misalnya, penerima organ cangkokan)
- Gangguan sistem kekebalan karena penyakitnya (penderita AIDS misalnya)

Gambaran umum pneumonia untuk semua kelompok umur
Pneumonia adalah proses infeksi akut yang mengenai jaringan paru-paru (alveoli). Terjadinya pneumonia pada anak sering kali bersamaan dengan proses infeksi akut pada bronkus (biasa disebut broncho pneumonia). Gejala penyakit ini berupa napas cepat dan napas sesak, karena paru meradang secara mendadak. Batas napas cepat adalah frekuensi pernapasan sebanyak 50 kali permenit atau lebih pada anak usia 2 bulan sampai kurang dari 1 tahun, dan 40 kali per menit lebih pada anak usia 1 tahun sampai kurang dari 5 tahun.

Pneumonia berat ditandai dengan adanya batuk atau (juga disertai) kesukaran bernapas, napas sesak atau penarikan dinding dada sebelah bawah ke dalam (severe chest indrawing) pada anak usia 2 bulan sampai kurang dari 5 tahun. Pada kelompok usia ini dikenal juga Pneumonia sangat berat dengan gejala batuk, kesukaran bernapas disertai gejala sianosis sentral dan tidak bisa minum. Sementara itu untuk anak di bawah 2 bulan, pneumonia berat ditandai dengan frekuensi pernapasan sebanyak 60 kali per menit atau lebih atau (juga disertai) penarikan kuat pada dinding dada sebelah bawah ke dalam.

Tagged as: pengertian pneumonia . definisi pneumonia . PENGERTIAN PENYAKIT PNEUMONIA .

Leave a Reply

Your email address will not be published.


+ nine = 15

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>