Pengertian temperatur

Pengertian temperatur – Temperatur adalah derajat panas dari aktivitas molekul dalam atmosfer. Lazimnya pengukuran temperatur dinyatakan dalam skala Celcius, Reamur, dan Fahrenheit. Temperatur di muka bumi tidaklah sama di berbagai tempat. Persebaran temperatur dibedakan menjadi dua yaitu:

a. Persebaran horizontal
Persebaran temperatur horizontal diperlihatkan dalam peta oleh isotherm. Isotherm yaitu garis khayal dalam peta yang menghubungkan tempat-tempat yang mempunyai suhu yang sama. Persebaran horizontal secara tidak teratur dipengaruhi oleh kondisi lingkungannya, misalnya perbedaan temperatur daratan dan lautan.

b. Persebaran vertikal

Persebaran vertikal dipengaruhi oleh letak/posisi tinggi lintang dan musim. Sebab-sebab adanya perbedaan temperatur, yaitu:
- Panas dari sinar matahari dapat menembus lebih dalam di lautan dari pada di daratan.
- Panas yang diserap oleh air disebabkan oleh arus vertikal dan horizontal sedang daratan tidak.
- Air dapat menyerap panas lebih baik dari pada tanah.

Suhu di Indonesia tidak berubah karena musim seperti yang sering terjadi pada daerah-daerah yang terletak di luar daerah tropis. Perubahan suhu di Indonesia adalah:

- Dalam 24 jam, atau antara siang dan malam, dengan suhu tertinggi biasanya terdapat antara pukul 14-15, dan suhu terendah pukul 06-07 pagi.
- Menurut ketinggian tempat, setiap naik 100 meter suhu turun 0,5oC. Adanya perairan, seperti selat dan laut sangat besar peranannya pada pengendalian suhu, sehingga tidak terjadi perbedaan suhu terendah dan suhu tertinggi yang sangat besar, seperti misalnya di Siberia atau Mongolia yang letaknya jauh dari lautan.

Dengan bervariasinya persebaran temperatur secara vertikal dan horizontal, maka dapat terjadi gejala-gejala cuaca, kabut, dan awan.

Tagged as: pengertian temperatur . pengertian isotherm . temperatur adalah . pengertian temperatur udara .

Leave a Reply

Your email address will not be published.


nine + = 12

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>