Komputer

Penggolongan peralatan pengolahan data

Penggolongan peralatan pengolahan data – Komputer merupakan suatu perangkat elektronik yang dapat menerima dan mengolah data menjadi informasi, menjalankan program yang tersimpan dalam memori, serta dapat bekerja secara otomatis dengan aturan-aturan tertentu.

Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematika biasa. Bagaimanapun juga alat pengolahan data dari sejak jaman purba sampai saat ini bisa digolongkan ke dalam 4 golongan besar :

Komputera. Peralatan manual
Peralatan manual yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga manusia.

b. Peralatan mekanik
Peralatan mekanik yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan secara manual.

c. Peralatan mekanik elektronik
Peralatan mekanik elektronik yaitu peralatan mekanik yang digerakkan secara otomatis oleh motor elektronik.

d. Peralatan elektronik
Peralatan elektronik yaitu peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh.

Dengan mengetahui perkembangan peralatan pengolahan data, kita dapat mengetahui perbedaan yang cukup mendasar yang membedakan komputer dengan peralatan mesin hitung, antara lain yaitu:

- Komputer memiliki tempat untuk menyimpan data yang dapat menyimpan data dan intruksi program dalam jumlah besar.

- Komputer dapat diprogram sehingga dapat melaksanakan pekerjaan tertentu secara terus menerus dan konsisten berdasarkan program yang ada.

- Komputer tidak hanya dapat melakukan perhitungan saja melainkan juga dapat melaksanakan pekerjaan penyusunan urutan (sorting), pengambilan keputusan berdasarkan aturan/logika tertentu.

Tagged as: penggolongan alat pengolah data .

Leave a Reply

Your email address will not be published.


9 − = zero

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>