Teknologi informasi

Peranan Teknologi Informasi

Peranan Teknologi Informasi – Di dalam kebudayaan yang semakin maju, semakin terasa diperlukannya suatu alat yang mempunyai kemampuan untuk melakukan pekerjaan rutin, menghitung, menyimpan informasi dalam jumlah besar, mengambil data dengan cepat secara acak maupun berurutan, menyelesaikan pekerjaan yang rumit serta banyaknya perhitungan dalam jumlah yang cepat. Dalam hal ini komputer dapat melaksanakan semua tugas pekerjaan tersebut.

Teknologi informasiPeranan teknologi informasi pada masa sekarang tidak hanya diperuntukan bagi organisasi, melainkan juga untuk kebutuhan perseorangan. Bagi organisasi, teknologi informasi dapat digunakan untuk mencapai keunggulan kompetitif, sedangkan bagi perseorangan maka teknologi ini dapat digunakan untuk mencapai keunggulan pribadi, termasuk untuk mencari pekerjaan.

Banyak hal yang terjadi seiring dengan perkembangan teknologi informasi. Beberapa diantaranya akan dijelaskan sebagai berikut ini:

Teknologi informasi dalam dunia perbankan
Perkembangan komputer dan beserta aplikasi yang ada semakin pesat, tak urung dapat membantu dalam mengatasi pengelolaan rekening nasabah, penyusunan laporan keuangan oleh pihak bank, penghubungan data dari kantor cabang ke kantor pusat, dan sebagainya. Hal ini akan mempermudah pengolahan data yang ada di bank sehingga dapat menghemat waktu.

Teknologi informasi dalam dunia pendidikan
Dalam perkembangan teknologi kini tak urung menjadi bidang studi yang baru dan menjurus ke banyak cabang lagi untuk mendalami lebih dalam tentang komputer. Sehingga sekarang pun dalam pendidikan sekolah dasar sudah ditanamkan bidang studi yang menyangkut teknologi kini.

Teknologi informasi dalam dunia medis
Dahulu yang jika kita akan berobat ke rumah sakit seringkali terkendala waktu untuk mengurus data dan administrasi. Namun sekarang karena perkembangan yang pesat teknologi kini juga ikut peran serta dalam mempermudah manusia dalam bidang ini. Selain itu teknologi-teknologi yang bermunculan saat ini juga dapat membantu dalam hal mengobati dan dalam bidang penelitian.

Teknologi informasi dalam dunia penerbangan
Dalam penerbangan peran teknologi sangat erat kaitannya, sebab teknologi dapat membantu menentukan arah, kecepatan, kecepatan angin, arah angin, ketinggian, iklim dan lain sebagainya. Sehingga saat ini pun juga telah ditemukan teknologi baru dengan pesawat tanpa awak atau auto pilot.

Teknologi informasi untuk kepolisian
Dalam penegakan hukum, kepolisian pun juga ikut andil menggunakan teknologi-teknologi terkini untuk membantu dalam melaksanakan tugas mereka. Selain itu ada pula pelayanan publik yang diberikan dari kepolisian untuk masyarakat seperti pembuatan surat izin mengemudi (SIM), STNK, dan lain sebagainya yang menyangkut tentang teknologi. Nah hal ini lah yang mempermudah pihak kepolisian serta pihak masyarakat.

Teknologi informasi untuk pengawasan lalu lintas
Karena saat ini dikota-kota macet dan tidak hanya kota besar saja. Sehingga hampir seluruh wilayah indonesia terutama daerah pusat kabupaten akan terdapat CCtv yang mempermudah pengawasan dengan jarak jauh dan jika ada kemacetan pihak kepolisian akan mudah dalam menangani daerah tersebut. Ada juga fungsi-fungsi lain dari CCtv tersebut.

Teknologi informasi untuk perdagangan
Sekarang banyak pedagan online yang menawarkan barang-barangnya pada publik entah itu lewat website, berniaga, kaskus, facebook, dan lain sebagainya. Selain itu ada pula yang menggunakan televisi dan radio untuk mengiklankan barang dagangan atau produk yang diproduksinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


8 × = forty eight

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>