Penerbangan

Peranan TI dalam dunia penerbangan

Peranan TI dalam dunia penerbangan – Peranan teknologi informasi dalam bidang penerbangan diantaranya dapat dijelaskan sebagai berikut:

PenerbanganReal Time Reservation
Sistem penjualan tiket dan reservasi penerbangan disediakan untuk melayani calon penumpang secara serentak melalui beberapa agen. Hal ini dapat dilaksanakan karena setiap kali terdapat permintaan reservasi atau booking penerbangan maka file komputer sentral sudah langsung mencatat reservasi secara real time sehingga agen yang lain dapat langsung mengetahui.

Fight Scheduling
Jika sebuah bandara sibuk dengan kegiatan penerbangan pesawat maka jadwal penerbangan dan pendaratan pesawat diatur dengan sangat ketat. Apabila terjadi perubahan jadwal pada salah satu penerbangan, maka akan besar akibatnya pada penerbangan yang lain maupun kepada calon penumpang. Dalam hal ini tanpa sistem komputer akan sulit untuk segera mengadakan penyesuaian.

Flight Progress Checks
Ketika pesawat terbang melakukan penerbangan, kondisi sekelilingnya dapat berubah dengan sangat cepat. Pilot hanya memiliki reaksi terbatas terhadap perubahan yang terjadi untuk dapat mengatasi perubahan yang berlangsung secara terus menerus dan mendadak. Komputer yang berada pada “air traffic control base” mempunyai peranan yang sangat besar. Melalui sistem komunikasi yang ada seorang pilot mendapatkan informasi mengenai apa yang harus dilakukan.

Itenarary Changes
Ketika melakukan perjalanan jarak jauh biasanya kita menggunakan beberapa penerbangan yang masing-masing sudah terjadwal. Sebagai contoh jika kita melakukan perjalanan dari Jakarta ke Bostob Amerika Serikat. Katakanlah dari Jakarta ke Singapura kita menggunakan Singapura Air Line, kemudian dilanjutkan ke Hongkong dengan Cathay Pasific, perjalanan berlanjut ke Tokyo menggunakan Jepang Air Line dan selanjutnya menuju Boston Amerika Serikat menggunakan PANAM. Tanpa dukungan sistem komputer dan sistem telekomunikasi yang baik antar perusahaan penerbangan, maka akan sulit jika ada perubahan mendadak mengenai jadwal penerbangan atau atas kehendal calon penumpang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


five × = 45

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>