BCA

Peranan TI dalam perbankan

Peranan TI dalam perbankan – Salah satu sisi yang berkembang dari sistem komputer dan aplikasinya dalam bidang perbankan adalah pengelolaan rekening nasabah, penghubungan data dari kantor cabang ke kantor pusat, penyusunan laporan keuangan oleh pihak bank, dan lain sebagainya. Dengan dukungan sistem komputer dan aplikasi perbankan maka saldo rekening nasabah dapat diketahui secara cepat.

Adanya bank minded suatu budaya penggunaan uang dan kemudahan bagi seorang nasabah untuk menguangkan cek setiap saat, kapan saja dan dimana saja, akan semakin mendorong masyarakat untuk menggunakan jasa perbankan. Seseorang yang melakukan transaksi dapat menggunakan personal cheque sehingga apabila perlu uang tunai dapat segera menguangkannya pada tempat pencarian cabang terdekat. Komunikasi online dengan pusat komputer dapat dilaksanakan untuk mengambil data dari file induk, dalam hal ini mekanisme yang dilaksanakan dengan prinsip online reservation system.

BCAMulai tanggal 19 Januari 1987, Chase Manhattan Bank Jakarta mulai menggunakan mesin teller otomatis atau lebih dikenal dengan mesin ATM (Automatic Teller Machine). Dengan ATM tersebut Chase Manhattan Bank Jakarta memberikan kemudahan pelayanan dalam penarikan uang tunai dalam jumlah tertentu. Penyetoran cek lokal, penyediaan neraca rekening koran, serta melihat saldo rekening pada banik tersebut. Dengan sistem ATM dimungkinkan pelayanan 24 jam setiap hari, tujuh hari dalam seminggu juga termasuk didalamnya hari libur tetap dapat melayani pengambilan uang. Dengan nomor pengenal pribadi yang hanya diketahui oleh sistem komputer dan nasabah yang bersangkutan maka pelayanan dapat dilakukan setiap saat.

Cara kerja mesin ATM pada dasarnya adalah sebagai berikut:

  • Setiap nasabah dapat memiliki kartu pengenal pribadi yang didalamnya berisi kode dalam bentuk magnetis pada kartu.
  • Apabila nasabah memasukkan kartu kedalam mesin maka identitas nasabah akan dicek. Validasinya akan dihubungkan ke mesin tersebut oleh komputer.
  • Apabila ternyata identitas tidak sesuai dengan ketentuan maka kartu akan ditolak (keluar dari mesin). Proses pemasukan identitas dapat diulangi lagi hingga tiga kali. Lebih dari itu jika terdapat kesalahan maka kartu akan masuk ke dalam mesin dan tidak dikembalikan.
  • Apabila identitas sesuai dengan ketentuan maka nasabah pemegang kartu dapat melakukan pengambilan uang.

Tak puas dengan model pelayanan seperti itu, pihak bank juga mengembangkan layanan dengan telepon, yang memperkenankan nasabah memeriksa saldo tabungan dan berinteraksi dengan mesin yang siap melayani kapan saja. Tentu saja langkah bank tak terhenti sampai disitu. Dengan semakin banyaknya orang yang mengakses internet, nasabah mulai dimanjakan dengan kemudahan untuk melakukan transaksi, misalnya melakukan transfer uang. Seorang bapak yang menjadi nasabah bank cukup duduk menghadap komputer yang ada dirumahnya, mengakses situs bank, dan kemudian dengan mudah dapat mentransfer uang ke rekening anaknya. Dalam sekejap saldo tabungan anaknya telah bertambah dan proses itu bisa dilakukan di waktu tengah malam ketika sebagian besar orang sedang lelap. Contoh situs bank BCA dengan alamat www.klikbca.com

Masih banyak aplikasi lain dalam dunia perbankan yang memanfaatkan teknologi informasi. Beberapa banik memperkenalkan leyanan yang disebut layanan bergerak, yang memungkinkan pemakai mengecek saldo tabungan ataupun melakukan transaksi seperti pemindahan-bukuan melalui ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


× 6 = fifty four

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>