Perawatan hidung

Perawatan hidung – Bagi anda yang memiliki masalah tentang hidung mungkin tips-tips berikut ini dapat anda gunakan untuk perawatan hidung anda yang terkena penyakit entah hidung berair, influenza dan pendarahan hidung (mimisan). Ya walaupun untuk saat ini banyak dijumpai obat-obatan kimia namun kami akan bahas obat tradisional atau herbal yang mungkin dapat bermanfaat bagi anda.

 

Hidung berair

Jika hidung berair sebentar-sebentar mengeluarkan air (ingus) itu sangat merepotkan, tapi cobalah resep berikut ini.

Bahan :
- Air jeruk nipis : 1 sendok makan
- Bubuk cabe jawa (jamu) : 1 sendok teh
- Madu asli : 2 sendok makan
- Air panas : 1 gelas

Caranya :
Semua bahan diaduk jadi satu kemudian disaring minumlah sekali habis. Ulangi hal ini sehari dua kali pagi dan sore sampai sembuh.

 

Influenza

Ditandai dengan batuk pilek, sakit kepala, kadang keluar ingus tapi kadang tidak, suhu badan meningkat dan nyeri otot mungkin resep berikut ini dapat membantu anda.

Resep pertama
Bahan :
- 50 gram tapak liman kering
- 3 gelas air
Caranya :
Rebus tapak liman dengan 3 gelas air tadi hingga airnya tinggal setengahnya. Saring airnya dan minum 3 kali 1/2 gelas sehari.

Resep kedua
Bahan :
- 300 cc air
- 30 gram taliputri kering
- 3 sendok makan madu murni
Caranya :
Rebus ketiga bahan sampai mendidih disaring dan diminum 3 x 1/2 gelas sehari sebelum makan.

Resep ketiga
Bahan :
- 150 cc air teh kental
- 3 sendok makan air jeruk nipis
- Gula batu secukupnya
Caranya : Aduk semua bahan hingga larut betul.
Penggunaan :
- anak-anak 6-12th 3 x 1/2 gelas sehari.
- Dewasa 3 x 1 resep sehari.

 

Pendarahan hidung (mimisan)

Bahan :
- Daun sirih segar
- Daun pegagan

Caranya :
- Untuk dewasa jika terjadi mimisan petiklah daun sirih remas sedikit lalu sumbatkan pada hidung. Jika ada sirih temu urat lebih baik.
- Untuk anak-anak yang sering mimisan cobalah seduh daun gagan kering dengan 1/2 gelas air panas, diminum sekali habis. Jika tidak ada yang kering ambil segenggam pegagan segar rebus dengan satu gelas air hingga airnya mendidih betul berwarna hijau. Saring airnya jika telah dingin minumkan.
- Jika keluarnya darah disertai dengan timbul bintik-bintik merah diseputar lubang hidung maka untuk mengatasinya tumbuk halus beberapa lembar daun sirih temu urat kemudian borehkan ke bagian-bagian ke bagian bintik-bintik merah tersebut.

Tagged as: perawatan hidung . ingus berair . hidung berair .

Leave a Reply

Your email address will not be published.


− 3 = three

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>