Perawatan mata

Perawatan mataMata merupakan bagian penting dalam hidup, tanpa mata mungkin kita akan kesulitan dalam beraktifitas sehari-hari. Untuk itu perawatan khusus bagi mata pun juga ada apalagi di tambah banyaknya penyakit mata yang dapat menyerang kita. Mungkin tips berikut ini dapat membantu anda dalam merawat mata anda.

 

Menjernihkan mata

Bahan :
- Bunga teleng biru
- Air masak dingin

Keterangan :
Bunga teleng atau celeng merupakan bunga merambat dengan dua varietas putih dan biru. Bunga ini biasa ditanam sebagai tanaman hias atau pagar. Varietas putih biasa dimanfaatkan akarnya. Air rebusan akar teleng putih diminum sebagai obat pencuci darah.

Cara penggunaan :
Ambil dua atau tiga putik bunga teleng biru, remas-remas di atas cawan dan jangan terlalu lumat. Tuangi ke dalamnya air masak dingin dan biarkan kira-kira 15 menit, dengan menggunakan kapas teteskan air teleng tadi dua tiga tetes ke dalam mata. Dalam waktu sejenak mata memerah dan mengeluarkan kotorannya. Cucilah setelah itu niscaya mata menjadi jernih seketika. Didaerah tertentu bahkan cara ini menjadi tradisi turun temurun untuk menjernihkan mata anak. Caranya bayi yang berumur 3 hari tetesi dengan air tersebut dua kali sehari sehabis mandi lakukan sampai tiga hari.

 

Melentikkan bulu mata

Bahan :
- Daun sirih segar
- Daun lidah buaya

Caranya :
Petik daun sirih langsung dari pohonnya. Getah tangkai tempat memetik tadi celupkan lendir daun lidah buaya dan oleskan ke tempat tumbuhnya bulu mata.

 

Bisul mata

Jika ada benjolan-benjolan kecil dan gatal di tempat tumbuh bulu mata maka cara penyembuhannya sebagai berikut.
Bahan :
- Daun meniran segenggam
- Air putih 1/2 gelas

Caranya :
Rebus segenggam meniran dengan 1/2 gelas air sampai mendidih. Saring dengan sepotong kain air meniran tersebut, gunakan air tadi sebagai pencuci mata yang sakit. Usahakan beberapa kali sehari insyaAllah akan sembuh.

 

Mata kabur

Jika mata kabur seperti berkabut disebabkan peradangan pada selaput lendir maka pengobatannya sebagai berikut.
Bahan :
- 1/4 sendok teh jintan hitam
- Satu ruas jari bangle
- Satu ruas jari kunyit
- 100cc (1/2 gelas) air

Caranya :
Rebuslah semua bahan tersebut hingga tinggal separohnya saring airnya dan minum.

Keterangan :
Jika mata suram (kabur) padahal tidak ada peradangan pada selaput lendir kemungkinan besar disebabakan karena kelainan ginjal. Cobalah periksa air kencing jika air kencing keruh dan kadang ada zat putih keluar berarti positif penyakit ginjal.

Pengobatannya sebagai berikut:
Bahan :
- 20 gr daun pancasuda (poncosudo) kering
- 400 cc air (dua gelas)

Caranya :
Rebus bahan tersebut di atas sampai airnya tinggal separoh saring airnya minum dua kali pagi dan sore sebelum makan.

 

Syaraf mata

Adapun jika mata kabur dikarenakan gangguan syaraf mata cobalah resep berikut ini.
Bahan :
- 150 gr daun salam
- 200 gr parutan wortel
- 150 daun sirih
- 300 cc air bersih

Caranya :
Rebus semua bahan di atas sampai airnya kira-kira tinggal setengahnya. Saring dan peres sarinya minumlah tiga kali setengah gelas sehari sebelum makan.

 

Sakit mata

Mata sakit yang pedih dan panas bisa dicoba resep berikut.
Bahan :
- 15 gram daun iler
- 100 cc air

caranya :
Rebus kedua bahan hingga airnya tinggal sepertiganya. Saring air tersebut gunakan sebagai pengompres mata. Setelah dikompres baik juga dirimbang air mawar.

 

Mata trachoma (belek)

Trachoma (belek) sangat menyusahkan. Mata terasa panas dan pedih terutama lagi jika terkena cahaya. Kepala terasa berat, mata seperti mau copot dan selalu barair. Cobalah resep berikut.

A. Bahan :
- 2 lembar daun sirih
- 200 cc air putih

Caranya :
2 lembar daun sirih masukkan dalam gelas tuangi dengan air panas dan tutuplah biarkan kira-kira 15 menit. Suam-suam kuku kompreslah mata yang sakit dengan air daun sirih tersebut, InsyaAllah membantu.

B. Bahan :
- Madu

Caranya :
Ambillah satu sendok madu murni kemudian dengan ujung jari yang bersih oleskanlah madu tersebut ke mata yang sakit sampai mengenai bagian dalam kelompok mata. Sejenak anak terasa pedih kemudian mengeluarkan air mata tapi seketika bisa dirasakan khasiat madu. Setelah dibiarkan dua-tiga menit baru dicuci dengan air hangat. Ulangi hal ini 3-4 kali sehari InsyaAllah cepat sembuh.

Tagged as: cara menjernihkan mata . perawatan mata . menjernihkan mata . tips menjernihkan mata .

One comment on “Perawatan mata

  1. TERRY TING TING August 10, 2012 2:25 pm

    Kebanyakan pake softlens, dan juga banyak pikiran (stress) kurang istirahat menjadikan mata saya merah serta warnanya kusam,, bagaimana untuk menjadikan mata mnjadi jernih seketika. Terima kasih :D

Leave a Reply

Your email address will not be published.


− 3 = one

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>