Piramida ekologi

Piramida ekologi – Kali ini kita akan membahas tentang piramida ekologi yang sebelumnya kita sudah bahas tentang aliran energi. Apasih piramida ekologi itu? Di dalam ekosistem alami, biasanya produser yang menempati tingkat trofik pertama memiliki jumlah lebih besar dibandingkan konsumer I, dan konsumer I memiliki jumlah yang lebih besar dibandingkan dengan konsumer II. Jika digambarkan, akan berbentuk piramida dengan ujung yang semakin meruncing. Itulah sebabnya maka disebut sebagai piramida ekologi.

 

Yang dimaksud dengan jumlah di dalam uraian ini adalah jumlah individu, jumlah biomassa, dan jumlah energi. Karenanya, piramida ekologi dapat dibedakan menjadi piramida jumlah individu, piramida biomassa, dan piramida energi.

 

 

Piramida jumlah individu

Di dalam ekosistem norlam, jumlah indivisu yang berada pada tingkat trofik I paling melimpah. Jumlah individu pada tingkat trofik II dan selanjutnya semakin menurun. Jadi di dalam ekosistem normal jumlah produser lebih banyak dari pada herbivor, dan herbivor lebih banyak dari pada karnivor I. Individu yang menempati puncak piramida jumlahnya paling sedikit.

Perburuan terhadap burung, hewan darat dan hewan air yang menempati puncak piramida dapat mengakibatkan punahnya organisme tersebut.

Piramida biomassa

Biomassa adalah berat total komponen biotik pada area tertentu pada suatu waktu. Biomassa tumbuhan diukur dari berat akar, batang dan daun yang menempati area tertentu. Untuk menentukan biomassa di dalam ekosistem dilakukan teknik sampling (cuplikan/contoh) guna memperkirakan keleluruhannya. Biomassa diukur dalam gram/m2. Piramida biomassa dapat memberikan gambaran yang lebih relistik tentang aliran energi di dalam ekosistem.

Piramida energi

Piramida biomassa hanya menggambarkan keadaan ekosistem dalam waktu tertentu. Untuk dapat menggambarkan keadaan ekosistem dalam jangka waktu yang lebih lama digunakan piramida energi. Piramida energi dibuat berdasarkan observasi dalam jangka waktu lama, sehingga dapat memberikan gambaran yang lebih akurat tentang aliran energi suatu ekosistem. Di dalam ekosistem normal terjadi penurunan energi akibat pemborosan energi. Sebagaimana disinggung di artikel aliran energi sebelumnya, hanya 10% energi dari tingkat trofik sebelumnya yang termanfaatkan.

Tagged as: piramida jumlah . piramida ekologi . artikel piramida ekologi . piramida jumlah individu .

Leave a Reply

Your email address will not be published.


4 × four =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>