Simbiosis komensalisme

Simbiosis komensalisme – Simbiosis komensalisme adalah hubungan erat antara dua jenis makhluk hidup, yang satu pihak mendapatkan keuntungan, sedangkan sedangkan yang lain tidak dirugikan. Bentuk simbiosis itu, contohnya pada hubungan tumbuhan epifit dengan yang ditumpangi dan hubungan antara ikan remora dengan hiu atau penyu.

Tumbuhan epifit

Tumbuhan epifit artinya tumbuhan yang menempel pada tumbuhan lain. Tumbuhan yang menempel itu tidak merugikan tumbuhan yang ditumpangi. Sebagai contoh tumbuhan epifit adalah paku-pakuan dan anggrek yaang tumbuh pada ranting atau batang pohon tumbuhan berkayu.

Tumbuhan paku tersebut sulit hidup pada tanah. Untuk hidupnya, tumbuhan paku menempelkan tubuhnya pada kulit batang atau cabang tumbuhan yang lain, khususnya pada batang atau dahan yang basah atau lembap. Tumbuhaan paku tidak mengambil zat hara dari jaringan hidup tubuh tumbuhan yang ditumpaangi, tetapi dari air dan debu yang menempel pada kulit tersebut. Dengan demikian, tumbuhan yang ditumpangi tidak dirugikan. Sebaliknya, tumbuhan paku dan epifit lainnya memperoleh keuntungan, yaitu dapat menumpang serta mendapatkan air dan hara dari kulit batang tumbuhan inangnya.

Ikan remora dan hiu

Ikan remora termasuk ikan kecil yang hidup di air laut. Ikan itu mempunyai kebiasaan menempel tubuhnya pada ikan atau hewan besar lainnya, misalnya penyu atau hiu. Walaupun tubuhnya ditempeli ikan ramora, hiu atau penyu tidak dirugikan. Hal itu terjadi karena ikan remora tidak mengambil apa pun dari tubuh penyu atau hiu tersebut. Bagi ikan remora, keuntungan yang di dapatnya antara lain:

  • Terlindung dari serangan musuh,
  • Bergerak ke mana saja terbawa oleh hewan yang ditempeli, dan
  • Mandapatkan sisa-sisa makanan dari makanan hiu atau penyu.
Tagged as: simbiosis komensalisme . contoh simbiosis komensalisme . komensalisme . contoh komensalisme .

6 comments on “Simbiosis komensalisme

  1. Farhan March 20, 2012 12:10 pm

    Adh knp ngk lengkap

  2. yossi pratiwi April 16, 2012 1:14 pm

    contoh nya yang lebih banyak dong……

  3. fatihah April 17, 2012 8:49 am

    tolong banyak kn cntoh ye…

  4. fatihah April 17, 2012 1:14 pm

    xbrapa lengkap la… please lengkapkn ea…

  5. Mahdea December 10, 2012 9:49 am

    cma 2 itu ajah ya contohnya ? gak ada yang lain ?

  6. zahran_setyo February 18, 2013 12:23 pm

    akh gk lengkap cuma dua payah!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.


three + 7 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>