Mekanisme peredaran darah

Sistem peredaran darah

Sistem peredaran darah – Dalam materi kegiatan sebelumnya kalian telah mempelajari tentang alat peredaran darah, setelah kamu mengetahui alat peredaran darah, silahkan kamu pelajari pula tentang cara peredaran darah pada manusia. Untuk lebih jelasnya bagaimana darah mengalir di seluruh jaringan tubuh perhatikanlah skema peredaran darah manusia di bawah ini.

Mekanisme peredaran darah

Keterangan gambar:
Darah dari bilik kiri dipompa oleh jantung dan mengalir melalui pembuluh aorta/nadi utama. Terus ke pembuluh nadi tubuh. Dari pembuluh nadi darah mengalir ke seluruh jaringan tubuh melalui pembuluh kapiler, kemudian melalui kapiler darah berkumpul kembali dan masuk ke pembuluh balik/vena. Pembuluh vena tubuh akan mengembalikan darah ke serambi kanan jantung. Peredaran darah dari bilik kiri jantung kembali ke serambi kanan jantung disebut peredaran darah besar. Darah bilik kiri jantung yang beredar ke seluruh jaringan tubuh berisikan darah bersih atau kaya akan oksigen, sebaliknya darah yang berasal dari seluruh jaringan tubuh dan kembali ke serambi kanan jantung melalui pembuluh vena berisikan darah kotor/kaya akan karbon dioksida.

Dari serambi kanan darah mengalir ke bilik kanan, dan dari bilik kanan darah dipompa oleh jantung, selanjutnya darah mengalir melalui pembuluh nadi paru-paru/arteri pulmonalis ke paru-paru. Di dalam paru-paru darah dibersihkan, setelah darah dibersihkan melalui pembuluh vena paru-paru, darah dialirkan ke serambi kiri paru-paru. Peredaran darah dari bilik kanan jantung ke paru-paru kembali lagi ke serambi kiri jantung disebut sistem peredaran darah kecil.

Sistem peredaran darah seperti yang diuraikan tadi disebut sistem peredaran darah rangkap/ganda. Jadi ini berarti setiap satu kali darah ke seluruh tubuh darah tersebut dua kali melewati jantung. Sistem peredaran darah manusia disebut juga sistem peredaran darah tertutup karena selama dalam peredaran, darah selalu mengalir dalam pembuluh darah.

Fungsi darah
Setelah kalian mempelajari sistem peredaran darah tersebut kalian dapat memahami bahwa jantung sebelah kiri selalu berisikan darah bersih sedangkan jantung sebelah kanan selalu berisikan darah kotor. Tidak semua pembuluh nadi berisikan darah bersih. Pembuluh darah nadi ke seluruh tubuh berisikan darah bersih dan pembuluh nadi paru-paru berisikan darah kotor. Pembuluh darah vena dari seluruh tubuh selalu berisikan darah kotor dan pembuluh vena paru-paru berisikan darah bersih.

Tagged as: skema peredaran darah kecil dan besar pada manusia . bagan peredaran darah manusia .

Leave a Reply

Your email address will not be published.


seven × = 7

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>