Tips rambut rontok

Tips rambut rontok – Postingan kali ini kami akan membahas cara bagaimana agar rambut tidak rontok lagi. Rambut rontok pada umumnya akan mengalami mereka yang terlalu banyak berfikir (stress), keturunan, hormon yang tidak seimbang, kulit kepala yang kurang sehat, anemia, Penggunaan bahan kimia berlebihan sampai pada ibu hamil sekalipun. Namun walaupun begitu kita dapat mengatasinya sejak dini sebelum kebotakan menghampiri anda. Banyak yang berkata bahwa keboptakan bisa diatasi dengan sering mencuci rambut (bershampo) namun demikian hal tersebut tidak manjur juga untuk mengatasi problem kita masalah kerontokan.

Untuk itu disini kami akan bahas bagaimana cara merawat rambut agar rambut tetap terjaga supaya tidak terjadi kerontokan pada rambut kita. Berikut beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk perawatan rambut anda sendiri di rumah.

Stress

Usahakan bagi anda yang memiliki problem tentang rambut rontok hindari stres atau kurang tidur yang akan berdampak buruk bagi kesehatan rambut anda. sebab jika tingkat stres yang berlebihan akan menyebabkan folikel rambut “tertidur” atau terserang oleh sel darah putih. Untuk penanganannya sebaiknya lakukan relaksasi/refresing untuk menghilangkan rasa penat keseharian anda selain itu anda juga dapat latihan terapi dengan yoga meditasi atau hal yang lainnya yang menuirut anda baik untuk kondisi anda tersebut. Hindari juga tidur yang berlarut-larut apalagi sampai menjelang pagi sebab akan menambah kepenatan dalam fikiran anda.

Keturunan

Bagi anda yang mengalami kerontokan karena keturunan atau genetik sebaiknya jangan kecil hati terlebih dahulu mungkin ada solusi yang dapat anda ambil untuk mengatasi kerontokan tersebut. Mungkin dfengan cara mengganti produk shampo anda yang sesuai dengan keadaan rambut anda tersebut upayakan pilihlah produk jangan bergantung oleh mahalnya namun kemampuannya dan kecocokannya pada rambut dan kulit kepala anda. Anda juga dapat menggunakan kondisioner setelah anda menggunakan shampo, hal ini diupayakan agar rambut anda mendapatkan nutrisi dari luar. Selain itu berikanlah nutrisi dari dalam juga seperti dengan mengkonsumsi buah-buahan serta sayuran.

Hormon

Untuk masalah hormon sebetulnya saya juga belum banyak tahu namun mungkin hal ini disebabkan dari kondisi tubuh anda hormon yang tidak setabil akan berakibat pada kekuatan rambut anda. Upayakan hiduplah dengan pola hidup yang sehat usahakan makan-makanan yang baik untuk kesehatan rambut anda dengan mengandung zink, zat besi, asam lemak, omega 6 dan lain sebagainya. Hindari atau hilangkan juga lebiasaan buruk seperti merokok atau hal-hal yang lainnya yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan anda terutama kesehatan rambut anda. Ketidakseimbangan hormon bisa menaikkan level zat kimia bernama DHT yang menyerang folikel rambut. Obat-obatan untuk mengatasi kedua kondisi ini bisa menyeimbangkan kembali hormon tiroid Anda.

Kulit kepala tidak sehat

Bagi anda yang memiliki masalah kerontokan akibat kulit kepala yang kurang sehat sebaiknya tangani terlebih dahulu penyebabnya, sebab dari penyebab tersebut yang mengakibatkan kerontokan pada rambut anda. Upayakan berfokuslah terlebih dahulu akan kesehatan kuli kepala anda.

Anemia

Rambut rontok karena anemia bisa terjadi akibat kekurangan zat besi pada sel darah merah. Zat besi diperlukan untuk kesehatan folikel rambut. Cara menanganinya; padukan suplemen zat besi dengan vitamin C. Vitamin C membantu penyerapan zat besi, dengan cara murah dan efektif.

Penggunaan bahan kimia

Obat-obatan keras, seperti antidepresan, diuretik, dan pil Rx memiliki efek samping kerontokan rambut. Cara mengatasinya, cobalah bicarakan dengan dokter Anda, apakah mungkin untuk menurunkan dosis obat-obatan tersebut. Atau jika memungkinkan untuk mengganti obat-obatan tersebut dengan pengobatan alternatif.

Kehamilan & menyusui

Bagi ibu hamil atau yang sedang menyusui biasanya akan mengalami kerontokan pada rambutnya yang diakibatkan dari dampak stres dan kekurangan nutrisi. Bebrapa cara mengatasi kerontokan rambut diantaranya melakukan perawatan yang extra, mengurangi stress, memastikan asupan nutrisi yang cukup Dan saat masa menyusui usai Anda dapat melakukan terapi perbaikan keseimbangan hormon jika masalah kerontokan masih berkepanjangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


six × 1 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>