Uang giral

Uang giral – Uang giral adalah aalat bayar yang tidak berbentuk uang melainkan merupakan simpanan di bank yang berupa catatan penitipan atau tagihan pada suatu bank, yang sewaktu-waktu dapat digunakan sebagai alat pembayaran dengan menggunakan cek, bilyet giro (BG), perintah membayar, atau telegraphic transfer (TT).

Cek

Cek adalah surat perintah membayar dari orang yang mempunyai rekening giro pada suatu bank, agar bank tersebut membayar sejumlah uang kepada orang yang disebutkan di dalam cek atau si pembawa cek. Cek merupakan alat untuk memindahkan uang giral menjadi uang kartal.

- Cek mundur, yaitu cek yang berlaku mundur, artinya cek tersebut hanya bisa diuangkan setelah sampai pada tanggal jatuh temponya (tanggal jatuh tempo tercantum di dalam cek). Meskipun belum bisa diuangkan, namun cek tersebut sudah bisa digunakan sebagai alat bayar kepada siapa saja yang mau menerimanya. Hal ini disebabkan cek mundur oleh pihak bank tidak dianggap sebagai cek. Oleh karena itu, bagi masyarakat yang mau menerima cek mundur harus meyakinkan dulu bahwa pembayaran cek mundur dapat dipercaya jika tepat tanggal jatuh tempo uangnya benar-benar ada. Sering terjadi di masyarakat bahwa cek mundur sering digunakan untuk penipuan.

- Cek kosong, yaitu cek yang dibuat oleh orang yang tidak memiliki giro pada suatu bank, atau oleh orang yang memiliki rekening giro namun dananya tidak ada (dana di dalam rekeningnya telah habis). Penggunaan cek kosong merupakan tindakan kejahatan dan merupakan pelanggaran yang serius apabila dilakukan oleh orang yang memiliki rekening giro. Orang yang melakukan pelanggaran tersebut akan mendapatkan sanksi dari Bank Indonesia dimasukkan dalam daftar hitam.

Uang giral bukan merupakan alat pembayaran yang sah menurut undang-undang. Artinya, orang boleh menerima tertapi tidak tiap orang waajib menerima. Oleh karena itu, giral termasuk uang istimewa (specific money), karena tidak setiap orang harus mau meenerimanya. Hanya orang-orang tertentu dengan syarat tertentu yang biasanya berhubungan dengan bank, mau menerimanya. Hal ini berarti orang boleh juga menolak apabila dibayar dengan uang giral.

Bilyet giro (BG)

Bilyet giro (BG) adalah surat perintah seseorang yang memiliki rekening giro pada suatu bank, agar bank tersebut membayar dengan cara memindahkan sebagian atau seluruh rekeningnya kepada rekening pihak yang di bayar.

Perintah membayar

Perintah membayar adalah perintah yang diberikan secara langsung oleh orang yang memiliki rekening giro pada suatu bank, agar bank tersebut membayar sejumlah uang pada rekeningnya kepada orang yang ditunjuk.

Telegraphic transfer (TT)

Telegraphic transfer (TT) adalah perintah yang diberikan oleh orang yang memiliki rekening giro pada suatu bank, agar bank tersebut membayar sejumlah uang pada rekeningnya kepada pihak/orang yang ditunjuk dengan cara mengirimkan telegram atau teleks kepada bank caabang di mana orang/pihak yang akan di bayar itu tinggal.

Kebaikan uang giral

  • Keamanan pemilik lebih terjamin, sebab uang tunainya selalu tersimpan di bank. Pemilik akan terhindar dari kehilangan, pencurian, peraampokan, dan kebakaran dari uang tunainya.
  • Selalu menerima bunga dari sisa simpanannya di bank.
  • Buku cek maupun giro lebih mudah bibawa dari pada uang tunai dalam jumlah besar.
  • Traveller cheque (cek perjalanan) bagi para turis lebih mudah di bawa dan mengurangi risiko dalam melakukan transaksi.

Kelemahan uang giral

  • Karena giral bukan merupakan alat pembayaran yang sah menurut UU, pembayaran dengan cek dan giro sering di tolak. Hal ini tergantung kepercayaan terhadap pembayar meupun bank yang mengeluarkan giral tersebut.
  • Apabila terjadi pemalsuan cek, pemilik cek asli akan mengalami kebangkrutan, sebab pemalsuan cek biasanya dalam jumlah besar karena pemalsuan tinggal mengisi isi cek saja.
  • Pembayaran dengan cek dalam jumlah kecil sering ditolak.
  • Terlalu banyak giral yang beredar juga dapat menimbulkan inflasi.
Tagged as: pengertian uang giral . uang giral . kelemahan uang giral . uang giral adalah .

2 comments on “Uang giral

  1. Wendy March 16, 2012 6:54 pm

    Arrived via Yodel/Amazon suitably pekcagad and at the time of purchase there were no customer reviews posted so had to rely on the internet for these and Sony UK website all seemed positive and decided to buy, it has 3 HDMI ports, optical output and internet connectivity, 2 USB ports along with 3D, DVD upscaling to near full HD and an FM radio although the latter wasnt a must have for me and 1000 watts of power. Unboxed the Blu Ray player which was really well protected and pekcagad as you would expect for a consignment of this value to reveal a shiny black player and made all the connections to my TV via HDMI lead (not supplied but only a3[] on Amazon). If you have used a Sony PS3 you will be used to the menu list and set up, if your not it is really simple to follow and after powering up and entering the initial menu was advised that newer software was available so l downloaded via the LAN lead (not supplied) which was connected into my Virgin broadband router, this took about 10 minutes to complete and l was up and running playing my first disc. Sound is awesome along with the picture quality making movies far more realistic with crisper sounds. I have upgraded from an 8 year old Panasonic DVD home theatre system to this, you can certainly see and hear the difference between this and the new one (Sony wins by a long shot!)the unit even comes with an IPOD dock comlete with a USB lead and single video lead. Have connected my IPOD touch and can listen to all my music or videos although cant view photos but think this is an output issue with my Samsung tv not the Blue Ray player. All in all 5 stars, very pleased with my a3[] purchase and dont think you will be disapointed, l will leave a more technical review to someone better qualified.

  2. irfan hamid November 9, 2012 3:18 am

    very good

Leave a Reply

Your email address will not be published.


seven × 8 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>